BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Polytron

Mau Jadi Musisi Kamar? Inilah 7 Peralatan yang Wajib Dimiliki

Kompas.com - 21/07/2022, 10:42 WIB

KOMPAS.com – Perkembangan teknologi membuat segala sesuatu kian mudah dilakukan. Salah satunya dalam menghasilkan karya musik.

Alih-alih pergi ke studio recording, seorang musisi kini bisa memproduksi musik di dalam kamar. Tren ini melahirkan istilah bedroom musician alias musisi kamar.

Kualitas musik yang dihasilkan pun tak kalah bagus dengan rekaman di studio musik. Bahkan, sejumlah karya yang direkam di kamar berhasil menembus industri musik dunia. Sebut saja musik karya Billie Eilish, Rex Orange County, Fazerdaze, Mac DeMarco, dan Adhitia Sofyan.

Meski terkesan mudah dan simpel, sejumlah peralatan berkualitas tetap dibutuhkan untuk memproduksi musik dari rumah. Berikut adalah tujuh software dan hardware yang wajib dimiliki bedroom musician.

1. PC atau laptop

Personal computer (PC) atau laptop adalah perangkat wajib yang harus dimiliki oleh seorang musisi kamar. Sebab, hampir semua proses produksi musik, mulai dari rekaman hingga editing, dikerjakan melalui perangkat ini.

Baca juga: Polytron Luncurkan Bluetooth Speaker Terbaru PMA 9507 /BA, Kecanggihan Apalagi Sekarang?

Pastikan juga PC atau laptop yang dimiliki sudah dilengkapi aplikasi atau software untuk melakukan rekaman, seperti Audacity, FL Studio, dan Adobe Audition.

2. Digital audio workstation (DAW)

Dilansir dari laman digiaudiostore.com, digital audio workstation (DAW) adalah software yang berfungsi untuk membantu pengguna untuk merekam, mixing, mastering, dan atau mengubah hasil rekaman (editing).

Software tersebut dapat menggantikan semua peralatan terkait proses editing yang ada dalam sebuah studio rekaman. Dengan begitu, proses produksi musik menjadi semakin mudah.

Beberapa contoh software DAW yang digunakan oleh musisi-musisi dunia adalah Pro Tools, Cubase, Ableton Live, Nuendo, FL Studio, dan Studio One.

Masing-masing software memiliki berbagai fitur khas dan spesifik yang akan sangat berguna untuk memproduksi musik tertentu.

3. Audio interface (sound card)

Audio interface atau sound card adalah perangkat yang berfungsi untuk mengubah sinyal (suara) analog ke sinyal digital pada komputer ataupun sebaliknya.

Baca juga: Semakin Dimanjakan, Pakai Polytron Smart TV Mini LED Quantum Nonton TV Serasa Bioskop

Selain speaker, sound card juga memengaruhi kualitas suara yang dihasilkan suatu perangkat. Oleh karena itu, aktivitas perekaman dan pemutaran suara pada komputer biasanya tak lepas dari keberadaan audio interface atau sound card yang terbenam di dalam motherboard.

Adapun beberapa sound card yang dapat digunakan untuk melakukan rekaman di rumah adalah Focusrite Scarlett Solo, Steinberg UR12, dan Mix Audio M-Track 2x2.

4. MIDI controller

Musical instrument digital interface (MIDI) controller adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan alat musik secara digital pada komputer.

Perangkat tersebut berfungsi untuk menghasilkan suara digital yang ada pada software atau plugin yang digunakan, seperti synthesizer dan piano.

Sebagai contoh, kamu tak akan bisa memainkan synthesizer atau piano yang muncul pada layar komputer melalui keyboard atau mouse. Untuk memainkannya, kamu membutuhkan MIDI controller. Software ini menyediakan tuts seperti pada piano untuk membunyikan alat musik dengan keyboard komputer.

5. Alat musik

Alat musik dan mikrofon adalah benda penting yang wajib dimiliki. Alat musik dapat menghasilkan suara yang tidak terakomodasi oleh software, sedangkan mikrofon untuk merekam suara tersebut atau suara dari sumber eksternal lain.

Baca juga: Mini LED Quantum 85”, Televisi Layar Besar Premium Terbaru Besutan Polytron

Dengan menggunakan alat musik, kamu dapat memproduksi nada-nada orisinal dan khas sehingga hasil rekaman lebih maksimal.

Contohnya, kamu bisa menggunakan gitar untuk memasukkan melodi pada musikmu.

6. Software virtual studio technology (VST)

Selain memainkan langsung dengan alat musik, kamu juga bisa membuat suara instrumen menggunakan software virtual studio technology (VST).

Software itu memiliki beragam suara dari berbagai alat musik, seperti bass dan drum. Adapun penciptaan nada atau bunyi pada software ini dilakukan dengan metode “menggambar”.

Kamu hanya perlu menggambar atau membuat pola suara instrumen tertentu sesuai yang diinginkan.

7. Speaker

Speaker adalah perangkat yang digunakan untuk mendengarkan hasil suara yang telah atau sedang direkam. Biasanya, speaker yang digunakan untuk merekam musik di studio adalah monitor speaker. Speaker pasif ini dapat mengeluarkan suara asli dari alat musik atau nyanyian.

Untuk merekam musik di dalam kamar, monitor speaker tidak dibutuhkan. Kamu bisa menggantinya dengan speaker aktif yang dinilai jadi pilihan terbaik.

Dilansir dari laman recordingbase.com, penggunaan speaker aktif untuk home recording dinilai pas karena memiliki sejumlah kelebihan, yakni dapat menghasilkan output seimbang yang membantu mendapatkan mix terbaik, tak memerlukan banyak kabel, dan hemat daya.

Speaker aktif Polytron PAS 10DF22.Dok. Polytron Speaker aktif Polytron PAS 10DF22.

Dengan kata lain, penggunaan speaker aktif dinilai lebih efisien dari segi biaya untuk merekam musik di kamar. Misalnya, kamu bisa menjajal speaker aktif dari Polytron, yakni PAS 10DF22 dan PAS 10D28.

Kedua produk tersebut merupakan speaker aktif dengan 3-way speaker system yang dilengkapi dengan dual woofer 10 inci dan TOP panel control with LED display.

Selain itu, produk tersebut juga dibekali dengan sejumlah perangkat input berupa universal serial bus (USB), secure digital card (SD card) atau multimedia card (MMC), auxiliary jack (aux), serta line input agar dapat mendukung suara perangkat lain.

Suara yang dihasilkan oleh produk tersebut terbilang berkualitas karena telah dilengkapi dengan fitur ekstra, seperti 3-Band Digital Tone Control untuk mengatur kualitas bass, middle, dan treble.

Ditambah lagi dengan teknologi Super Bass untuk menambah kemantapan nada rendah/bass terdengar lebih kuat ketika volume sedang, rendah, hingga kecil sekalipun dengan memutar knop Super Bass pada speaker.

Kamu juga dapat mengatur jenis sound sesuai kebutuhan karena semua produk tersebut telah didukung dengan 7 Presets Equalizer, seperti rock, pop, classic, jazz, flat, outdoor, dan user.

Tak hanya itu, untuk memudahkan pengoperasian, baik PAS 10DF22 maupun PAS 10D28 juga didukung dengan teknologi Bluetooth.

Kamu bisa menghubungkan perangkat pemutar musik, seperti laptop atau PC, dengan speaker menggunakan Bluetooth. Jadi, kamu tidak membutuhkan kabel konektor.

Tak ketinggalan, ada juga fitur Polytron Audio Connect yang merupakan aplikasi pengontrol speaker milik Polytron yang bisa dioperasikan lewat gawai.

Untuk menambah kesan mewah, kedua speaker itu memiliki ambient light yang dapat membuat efek cahaya saat suara diputar dari speaker.

Selain untuk aktivitas rekaman di rumah, kedua speaker tersebut juga dapat mengakomodasi aktivitas karaoke. Pasalnya, perangkat ini punya dua mic input dengan teknologi mic digital dan echo level.

Berbeda dengan PAS 10DF22, PAS 10D28 ditunjang juga dengan fitur USB Play Movie dan Video Out sehingga dapat memutar berbagai format file video dan audio, seperti MP3, MP4, MKV, AVI, FLV, VOB, MPG. Anda bisa menampilkan video atau film ke layar televisi melalui koneksi USB Input, dan SD Card/MMC input.

Untuk menambah kenyamanan penggunanya, Polytron Bluetooth Speaker Aktif PAS 10DF22 dan PAS 10D28 dilengkapi dengan garansi 1 tahun. Kamu dapat membeli produk Polytron PAS 10DF22 dan PAS 10D28 di gerai elektronik terdekat.

Produk tersebut juga dapat dibeli secara online di situs web resmi Polytron, www.polytron.co.id.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.