Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makna Kebebasan Wanita Dalam Koleksi "Golden Muse" Sebastian Gunawan

Kompas.com - 21/07/2022, 10:53 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang telah berjalan lebih dari dua tahun nyatanya tidak menghentikan langkah para desainer di Indonesia untuk terus berkarya.

Hal ini pun dibuktikan oleh pasangan desainer Sebastian Gunawan dan Cristina Panarese yang kembali merancang koleksi terbarunya untuk Sebastian Gunawan Signature 2022/2023.

Koleksi tersebut pun ditampilkan dalam sebuah peragaan busana bertajuk "Golden Muse" yang berlangsung di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (19/7/2022) lalu.

Ide "Golden Muse" ini sendiri terinspirasi dari para wanita yang disebut dengan muse, sebagai sosok di balik bersinar dan tenarnya nama para seniman.

Baca juga: Jadi Muse, Wulan Guritno Tampil Anggun dengan Gaun Rosegold

Untuk memfokuskan koleksi terbaru mereka, duet Seba — begitu sapaan akrab Sebastian Gunawan — dan Cristina akhirnya memilih dua muse dari seniman Gustav Klimt (1862-1918), yakni Adele Bloch-Bauer dan Emilie Floge.

Memiliki karakter yang bebas

Ditemui usai pagelaran peragaan busana, Seba pun mengungkapkan alasannya memilih sosok Adele dan Emilie.

"Adele dan Emilie adalah sosok wanita yang sangat berbeda dengan wanita pada umumnya di zamannya," katanya.

"Mereka mempunyai suatu kebebasan dan motivasi untuk membentuk suatu karakter yang berbeda dari pergerakan budaya pada zaman itu."

"Sehingga, hal tersebut juga menjadi inspirasi dari lukisan Gustav karena dia melihat muse-nya memiliki karakter yang kuat sebagai wanita," sambung dia.

Baca juga: Kecantikan Ratu Mesir, Inspirasi Zen Tableware x Sebastian Gunawan

Seba juga menuturkan bahwa kedua muse itu memiliki jiwa yang sangat bebas.

Terbukti, ketika zaman itu banyak wanita masih terkekang memakai korset, namun mereka sudah tidak memakainya.

"Mereka punya image kebebasan yang tidak hanya disimpan dalam hati maupun pikiran, melainkan dituangkan ke dalam penampilan diri mereka yang berbeda," tambahnya.

Baik Adele dan Emilie tidak hanya menggambarkan kebebasan sebagai wanita, tetapi mereka juga merupakan sosok inspirasi yang memiliki pemikiran lebih maju dibandingkan Kaum Hawa pada masa itu.

Koleksi terbaru Sebastian Gunawan dan Cristina Panarese ditampilkan dalam sebuah peragaan busana bertajuk Golden Muse yang berlangsung di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (19/7/2022).Sebastian Gunawan Official Koleksi terbaru Sebastian Gunawan dan Cristina Panarese ditampilkan dalam sebuah peragaan busana bertajuk Golden Muse yang berlangsung di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (19/7/2022).
"Kami suka dengan spirit yang mereka bawa untuk era itu. Emilie juga merupakan desainer sebelum Coco Chanel," ujar Cristina.

"Dia punya pemikiran yang lebih maju dan mulai dengan foto-foto bersama Gustav, serta memiliki kreasi sendiri seperti lookbook yang sekarang kami tampilkan," lanjut dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com