Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BERITA FOTO: Parade Outfit ala Remaja Citayam Fashion Week

Kompas.com - 21/07/2022, 15:42 WIB
Kristianto Purnomo

Penulis

KOMPAS.com - Berawal dari jalur pejalan kaki biasa, jalanan di sekitar Stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta berubah menjadi tempat nongkrong dan ruang bebas berekspresi bagi anak muda.

Fenomena itu pun disebut sebagai Citayam Fashion Week yang lagi hangat di media sosial.

Satu hal yang menarik dari fenomena Citayam Fashion Week adalah outfit yang dikenakan para remaja SCBD (Sudirman, Citayam, Bojonggede, Depok) itu seolah jadi ajang adu gaya.

Pengunjung menunggu menyaksikan peragaan busana jalanan di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (20/7/2022).  Fenomena Citayam Fashion Week di kawasan Dukuh Atas mendadak viral karena gaya busana nyentik yang didominasi anak muda dari Depok, Citayam, dan Bojonggede.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung menunggu menyaksikan peragaan busana jalanan di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (20/7/2022). Fenomena Citayam Fashion Week di kawasan Dukuh Atas mendadak viral karena gaya busana nyentik yang didominasi anak muda dari Depok, Citayam, dan Bojonggede.

Kebanyakan dari mereka mengenakan busana yang mungkin sudah dipersiapkan matang-matang untuk sekadar nongkrong di sana.

Baca juga: BERITA FOTO: Kala Citayam Fashion Week Jadi Magnet Para Remaja

Seperti Vincent, pria berusia 27 tahun asal Palembang, Sulawesi Selatan yang sudah tinggal di kawasan Jakarta Timur selama 6 tahun.

Saat itu, dia sengaja datang ke Stasiun MRT Dukuh Atas untuk nongkrong bersama lima orang temannya dan mengenakan outfit yang nyentrik dan menarik perhatian.

Pina asal Cawang berpose di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (20/7/2022).  Fenomena Citayam Fashion Week di kawasan Dukuh Atas mendadak viral karena gaya busana nyentik yang didominasi anak muda dari Depok, Citayam, dan Bojonggede.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pina asal Cawang berpose di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (20/7/2022). Fenomena Citayam Fashion Week di kawasan Dukuh Atas mendadak viral karena gaya busana nyentik yang didominasi anak muda dari Depok, Citayam, dan Bojonggede.

"Memang aku sudah terbiasa pakai baju seperti ini. Inspirasinya style ala Korea," katanya kepada Kompas.com di kawasan Stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta Rabu, (20/7/2022).

Outfit dengan gaya ala Korea Selatan membuatnya terlihat tampil lebih "berani" dari pria pada umumnya. Vincent mengenakan t-shirt crop top lengan panjang hitam, dipadukan buckle cut out pants warna putih, aksesori kalung berbentuk mutiara dan sneaker hitam.

"Ini outfit saya brand lokal semua lho. Saya cinta banget brand lokal, karena walau pun harganya murah, tapi kalau pakainya cocok, ya keren saja," kata Vincent.

Rizky asal Jatiasih dan Ferry asal Kebon Jeruk berpose di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (20/7/2022).  Fenomena Citayam Fashion Week di kawasan Dukuh Atas mendadak viral karena gaya busana nyentik yang didominasi anak muda dari Depok, Citayam, dan Bojonggede.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Rizky asal Jatiasih dan Ferry asal Kebon Jeruk berpose di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (20/7/2022). Fenomena Citayam Fashion Week di kawasan Dukuh Atas mendadak viral karena gaya busana nyentik yang didominasi anak muda dari Depok, Citayam, dan Bojonggede.

Seolah tak ingin melewatkan kesempatan untuk bergaya di Citayam Fashion Week, dia pun diajak oleh para konten kreator untuk meramaikan area zebra cross.

Baca juga: Modal Rp 15 Ribu, Tiga Remaja Asal Depok Mengaku Happy Nongkrong di Citayam Fashion Week

Akhirnya, Vincent memberanikan diri untuk melenggang bak model profesional sambil berjalan membawa tas mini di zebra cross dan ditonton banyak orang di sisi jalan.

Aksinya itu pun nanti bakal diunggah ke media sosial miliknya biar sekalian eksis.

Mitha asal Bandung berpose di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (20/7/2022).  Fenomena Citayam Fashion Week di kawasan Dukuh Atas mendadak viral karena gaya busana nyentik yang didominasi anak muda dari Depok, Citayam, dan Bojonggede.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Mitha asal Bandung berpose di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (20/7/2022). Fenomena Citayam Fashion Week di kawasan Dukuh Atas mendadak viral karena gaya busana nyentik yang didominasi anak muda dari Depok, Citayam, dan Bojonggede.

"Ke sini karena penasaran di TikTok lagi ramai banget. Padahal main doang lho niatnya sama teman-teman. Terus jalan deh di sana (zebra cross)," ungkap dia.

Melihat penampilannya yang pakai baju terbuka itu, Vincent mengatakan bahwa dia tidak takut masuk angin karena sudah terbiasa pakai baju yang terbuka.

"Enggak takut masuk angin karena soalnya udah terbiasa kayak gini. Sudah banyak juga di rumah baju kayak gini," jelasnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com