Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2022, 10:13 WIB
TANYA PAKAR,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Konsultasi Tanya Pakar Parenting

Uraikan lika-liku Anda mengasuh anak jadi lebih simpel

Kenali soal gaya asuh lebih apik lewat konsultasi Kompas.com

Narasumber: Psikolog Keumala Nuranti, M. Psi.,

Pertanyaan:
Halo, saya ibu bekerja dari balita berusia 3 tahun. Kadang ada rasa bersalah yang muncul karena tidak hadir dalam banyak waktu tumbuh kembang di tiga tahun pertamanya. Bagaimana dan melalui cara apa saja ya cara mengusahakan quality time sebelum dan sesudah pulang kantor dengan anak saya? Terima kasih.
Nadia - Jakarta

Jawaban :
Halo, Mom. Sebagai ibu bekerja, pasti ada rasa bersalah karena tidak bisa hadir sepenuhnya pada perkembangan anak. Padahal salah satu tujuan kita bekerja adalah demi memberikan yang terbaik untuk anak. I feel you :).

Baca juga: Ibu Bekerja Perlu Dukungan dari Berbagai Pihak

Keumala Nuranti, M. Psi., PsikologDok Pribadi Keumala Nuranti, M. Psi., Psikolog
Untuk mengatasi rasa bersalah tersebut, baiknya kita selalu hadir untuk anak ketika kita sedang tidak bekerja. Jika masih harus membagi waktu untuk urusan rumah tangga, kita bisa melibatkan anak dalam urusan rumah tangga tersebut, seperti menyiapkan makanan bersama dan membersihkan rumah bersama.

Selain itu, sediakan waktu untuk berkomunikasi dengan anak, dimana anak bisa menceritakan aktivitasnya di hari itu dan kita juga menceritakan kegiatan kita di hari tersebut.

Dengan begitu, anak tetap merasakan perhatian kita walaupun dalam keseharian ia melakukan aktivitas yang ia ceritakan tersebut bersama orang lain dan anak juga merasa menjadi bagian penting dari hidup kita karena kita juga mau bercerita kepada anak.

Baca juga: Studi: Anak Butuh Pola Asuh Konsisten demi Perkembangan Otaknya

Jangan lupa, kita juga harus bekerja sama dengan pasangan untuk memastikan bahwa anak tetap menjadi prioritas walaupun kedua belah pihak sama-sama bekerja. Kompromikan waktu untuk quality time bersama dan anak yang jadi pusat perhatian kita dan pasangan.
Good luck, Mom!

Psikolog : Keumala Nuranti, M. Psi., Psikolog
Tempat praktik : Dealink Consultant

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com