Kompas.com - 23/07/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Sifat ceria dan selalu bergembira ternyata menjadi indikator seorang anak itu sehat, baik secara fisik maupun mental.

Hal tersebut diungkapkan oleh Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Indra Gunawan.

Menurut Indra, banyak anak yang belum bisa tumbuh dan berkembang dengan bergembira karena tidak memiliki banyak waktu untuk bermain bersama orangtuanya.

Padahal, bermain adalah kebutuhan utama yang diperlukan anak-anak untuk menjadi lebih cerdas dalam segala bidang.

Baca juga: Hari Anak Nasional 2021, Tema, Makna, dan Logonya

"Masih banyak anak yang belum mendapatkan hak-haknya. Salah satunya adalah hak untuk bermain."

Demikian penuturannya dalam peluncuran kampanye Olala, jelly drink produksi Wings Food pada momen Hari Anak Nasional, Sabtu (23/7/2022).

"Jadi, orangtua dan kita semua sebagai orang dewasa perlu menjadi teman yang baik dan mendorong anak-anak untuk bisa bermain," sambung dia.

Manfaat bermain bagi anak

Dalam kesempatan yang sama, psikolog anak dari Tiga Generasi, Saskhya Aulia Prima, MPsi juga mengatakan, bermain secara tradisional memiliki banyak manfaat bagi anak-anak.

Selain bisa merangsang kecerdasan anak, bermain secara tradisional mampu membuat anak lebih bahagia yang baik untuk kesehatan fisik dan mental mereka.

"Bukan tidak boleh bermain online. Tapi permainan tradisional itu mendorong anak untuk bergerak secara fisik dan bersosialisasi dengan orang lain," kata dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.