Kompas.com - 23/07/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Tren menggunakan bahan-bahan daur ulang (recycle) dalam dunia fesyen tampaknya semakin hari semakin berkembang.

Bahkan, ide ini juga diterapkan secara unik oleh pendiri Rose in Good Faith, David Teitelbaum untuk meluncurkan sneaker pertamanya yang terbuat dari sex toys.

Bekerja sama dengan produsen sex toys, Doc Johnson, merek yang berbasis di LA itu mendaur ulang sex toys yang dianggap rusak atau cacat dalam pembuatannya selama kurang lebih dua tahun.

Baca juga: Ingin Coba Sex Toys tapi Sungkan Utarakan ke Pasangan? Ini Saran Ahli

Kolaborasi ini pun berhasil mengubah daur ulang tersebut menjadi sepatu yang tebal, dapat dipakai, dan stylish yang disebut Plastic Soul.

Melalui sistem daur ulang yang rumit, sex toys digiling menjadi kubus TPE (elastomer termoplastik) berukuran milimeter.

Kemudian, bahan itu dicampur dengan busa EVA (Ethylene-Vinyl Acetate) non-pemutih dan injeksi yang dicetak menjadi sebuah alas kaki.

"Ketika kami memulai kemajuan desain, saya ingin menciptakan sesuatu yang tak lekang oleh waktu dan sangat berguna," kata Tietelbaum. 

"Kami juga berharap sepatu ini akan melampaui waktu dan menginspirasi perspektif baru tentang up-cycling," ujar dia.

Baca juga: Sex Toys, Jenis dan Cara Menggunakannya Bersama Pasangan

Sementara merek ini dikenal karena kolaborasi sebelumnya dengan musisi The Kid Laroi dan Lil Peep, namun sneaker ini menandai awal tahapan visi baru untuk Rose In Good Faith.

"Kami sangat bangga bisa berkolaborasi dengan Rose In Good Faith untuk mempromosikan gerakan seks positif melalui fesyen dan inovasi," ungkap COO Doc Johnson, Chad Braverman.

"Penting bagi kami untuk membuat sepatu yang sadar akan dampak lingkungan, yaitu mengapa kami sangat senang membuatnya menggunakan bahan dari daur ulang sex toys."

"Kami tidak sabar untuk mengeluarkan ini di dunia sebagai bagian dari gerakan global untuk menghilangkan stigma kesehatan dan kesejahteraan seksual," lanjut dia.

Baca juga: Miley Cyrus Mendekorasi Rumahnya di LA dengan Sex Toys

Sebagai informasi, sneaker pertama Rose In Good Faith ini dijual seharga 130 dollar AS atau sekitar Rp 1,9 juta yang tersedia di The Webster dan H Lorenzo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.