Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menghilangkan Jerawat dalam Semalam, Apakah Bisa?

Kompas.com - 24/07/2022, 06:12 WIB
Anya Dellanita,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

Sumber ELLE

KOMPAS.com - Kemunculan jerawat yang tidak diduga tentu akan terasa menyebalkan.

Apalagi, jika jerawat ini muncul saat kita harus menghadiri acara penting keesokan paginya, entah itu wawancara kerja atau pernikahan kita sendiri.

Tak jarang, kita pun segera mencari cara instan untuk menghilangkan jerawat ini. Namun pertanyaannya, bisakah jerawat hilang hanya dalam semalam?

Melansir Elle, sebenarnya itu bukanlah hal yang tidak mungkin,

"Jerawat adalah infeksi mikro kecil pada folikel rambut," jelas dokter kulit bersertifikat dan pendiri Visha Skincare, Purvisha Patel.

Baca juga: 4 Bahan Alami yang Bantu Menghilangkan Jerawat

"Anda mungkin tidak bisa 'menghilangkan' jerawat dalam semalam, dengan sempurna, tetapi Anda bisa membuatnya terlihat jauh lebih baik, sehingga tampak hilang,” lanjutnya.

Sementara itu, Direktur di Westside Mount Sinai Dermatology Faculty Practice di New York Angela J. Lamb, mnambahkan meski tidak ada jaminan dapat hilang dalam semalam, ada beberapa langkah yang dapat kita ikuti untuk membuat kulit kembali mulus secepat mungkin.

Simak caranya, berikut ini,

Pastikan memakai bahan yang tepat

Patel menjelaskan bahwa jerawat biasanya disebabkan oleh empat hal, yaitu oklusi folikel, pertumbuhan mikroba, produksi sebum, dan peradangan.

Nah, sebenarnya ada beberapa bahan aktif dalam produk skincare yang dapat mengatasi empat hal di atas, yaitu benzoil peroksida, belerang, tree oil, atau asam salisilat.

Untuk diketahui, benzoil peroksida merupakan zat pemutih yang membunuh mikroba dan mengeringkan minyak di folikel, sementara tree oil dan belerang membantu mengeringkan jerawat.

“Menggunakan produk dengan bahan-bahan ini bisa membuat jerawat lebih mengecil keesokan paginya,” jelas Patel.

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Jerawat

Sementara itu, Lamb merekomendasikan penggunaan produk resep topikal.

Menurutnya, gel yang mengandung klindamisin, antibiotik, atau minocycline topikal dapat menyembuhkan jerawat lebih cepat.

Namun jika lebih menyukai produk yang tidak memerlukan catatan dokter, baik Patel dan Lamb merekomendasikan untuk menggunakan produk dengan asam salisilat.

Halaman:
Sumber ELLE
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com