Kompas.com - 24/07/2022, 14:36 WIB

KOMPAS.com - Sampah plastik menjadi salah satu persoalan lingkungan di Indonesia. Menurut data, 65 persen sampah plastik di Indonesia berasal dari kemasan produk sehari-hari, antara lain dari industri makanan dan minuman.

Kesadaran untuk menggunakan plastik secara bijak memang mulai tumbuh di masyarakat, meski harus ditingkatkan lagi.

Dalam sebuah survei bertajuk Asia Pacific Nutrition Sustainability Survey 2022 terungkap, mayoritas konsumen di Indonesia menyadari pentingnya kelestarian lingkungan dalam membuat keputusan terkait gizi.

Baca juga: 5 Panduan Nutrisi dalam Makanan Sehat

Terkait hal tersebut, pertimbangan utama responden dalam berbelanja produk gizi antara lain jumlah sampah yang dihasilkan (73 persen), jumlah atau bahan kemasan (65 persen), serta menganggap penting bahan kemasan yang dapat didaur ulang (81 persen).

Survei tersebut juga menyebut, hampir 80 persen responden rela mengeluarkan biaya lebih untuk pilihan produk nutrisi yang mendukung dan mempromosikan kelestarian lingkungan.

Dari kelompok usia, generasi Z atau milenial ternyata cenderung membayar lebih untuk pilihan produk nutrisi yang berkelanjutan, dibandingkan dengan generasi X atau boomers.

Survei yang dilakukan oleh Herbalife Nutrition tersebut diselenggarakan pada bulan April 2022 terhadap 5.500 konsumen berusia 18-75 tahun di 11 negara Asia Pasifik, antara lain Australia, Jepang, Indonesia, Korea, Malaysia, hingga Vietnam.

Baca juga: Kenali, Makna 7 Simbol Daur Ulang pada Kemasan Plastik

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.