Kompas.com - 25/07/2022, 06:32 WIB

KOMPAS.com - Pernah merasakan rasa sakit saat buang air kecil? Jika ya, kemungkinan kita mengalami batu ginjal.

Batu ginjal merupakan endapan mineral seperti batu yang terbentuk di dalam ginjal. Batu ini dapat menyebabkan iritasi pada saluran kemih.

Terbentuknya batu ginjal biasanya baru dirasakan ketika bergerak atau menyumbat saluran dalam ginjal, atau saat batu tersebut terbawa urin dari ginjal ke saluran kemih.

Penyebab batu ginjal berasal dari gaya hidup yang tidak sehat, termasuk jarang minum air putih, berolahraga (terlalu banyak atau terlalu sedikit), asupan garam atau gula terlalu tinggi, konsumsi protein hewani berlebih dan kurang asupan sayuran.

Demi mengatasi batu ginjal, sebaiknya perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Baca juga: 6 Perubahan Urine yang Perlu Diwaspadai, Salah Satunya Tanda Batu Ginjal

Ahli diet terdaftar Sydney Greene, MS, RD menyebutkan makanan yang aman dikonsumsi dan harus dihindari penderita batu ginjal tergantung dari jenis batu ginjal yang dialami.

Pada orang dewasa, jenis batu ginjal yang umum adalah batu kalsium oksalat. Solusi untuk mengatasi masalah ini, cobalah mengombinasikan makanan yang kaya kalsium dan oksalat.

"Salah satu perubahan pola diet terbaik jika mengalami batu ginjal jenis ini adalah makan makanan kaya kalsium dan kaya oksalat," sebut Greene.

"Jika dikonsumsi bersamaan, kalsium dan oksalat lebih mungkin mengikat satu sama lain sebelum memasuki ginjal."

Seperti dilaporkan The National Kidney Foundation, oksalat terkandung dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan legume.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Eat This


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.