Kompas.com - 26/07/2022, 10:45 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Makanya, para ahli sering kali menganjurkan untuk membatasi asupan alkohol dalam jumlah moderat.

Akan tetapi, ada baiknya jika kita benar-benar berhenti mengonsumsi minuman beralkohol. Sebab, studi terbaru menunjukkan, membatasi asupan alkohol dalam jumlah sedang sekalipun dapat menyebabkan penuaan otak secara lebih cepat.

Pada studi yang dimuat dalam jurnal PLOS Medicine, para peneliti mengumpulkan data dari 20.965 peserta yang rata-rata berusia 55 tahun.

Sebanyak 2,7 persen dari peserta yang terlibat tidak mengonsumsi alkohol, sedangkan sisanya mengonsumsi alkohol rata-rata 18 unit per minggu.

Sebagai catatan, 18 unit hampir setara dengan enam gelas wine atau 7,5 kaleng bir. Jumlah ini ternyata tidak aman bagi kesehatan otak kita.

"Dalam studi terbesar hingga saat ini, kami menemukan minum lebih dari tujuh unit alkohol setiap minggu terkait dengan akumulasi zat besi di otak," jelas peneliti studi Anya Topiwala dari University of Oxford.

"Zat besi otak yang lebih tinggi terkait dengan performa kognitif yang lebih buruk. Akumulasi zat besi dapat menjadi penyebab penurunan kognitif terkait alkohol."

Pernyataan Topiwala juga didukung oleh Emma Laing, PhD, RDN, profesor klinis di University of Georgia.

"Para peneliti menemukan, konsumsi alkohol moderat dikaitkan dengan akumulasi zat besi yang lebih besar di ganglia basal, daerah di otak yang membantu kita melakukan fungsi kognitif, emosional, dan terkait gerakan," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Eat This


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.