Kompas.com - 26/07/2022, 16:59 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Vitamin sangat penting bagi tubuh untuk berfungsi dengan baik dan bahkan dapat memberikan kulit dorongan ekstra.

Tetapi, walau beberapa vitamin — seperti A dan C — mampu meningkatkan pertumbuhan sel kulit, vitamin yang lain mungkin bukanlah solusi atas permasalahan kulit kita.

Untuk itu, dokter kulit bersertifikat di Jackson Hole, Dr Afton Cobb dan dokter kulit bersertifikat di New York City, Dr Hadley King pun menjelaskan vitamin apa saja yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan vitamin mana yang harus dihindari.

• Vitamin A untuk membersihkan jerawat dan perubahan warna

Dokter Cobb mengatakan, jika ada satu vitamin yang harus digunakan untuk rutinitas skincare sehari-hari, maka itu adalah vitamin A.

Retinoid merupakan formula berbasis vitamin A yang dapat meningkatkan pergantian sel kulit, memperbaiki perubahan warna, dan mengencangkan kulit.

Semuanya juga berguna untuk memerangi tanda-tanda penuaan.

Menurut dia, produk turunan vitamin A lainnya dapat meminimalkan jerawat dengan mengurangi sel-sel kulit yang menggumpal atau tersumbat di pori-pori.

Vitamin ini juga dapat membantu pasien psoriasis dengan kulit "bersisik" dan lapisan kulit yang menipis, serta dapat meminimalkan bintik-bintik cokelat maupun perubahan warna dengan menghambat produksi pigmen.

Baca juga: Asupan Vitamin A Bisa Turunkan Risiko Kanker Kulit

• Vitamin C dan E yang digunakan bersama dapat meminimalkan kerusakan kulit

"Vitamin C diperlukan dalam sintesis kolagen," tutur Dr King.

Kolagen sendiri adalah protein utama dalam struktur dan jaringan ikat dalam tubuh, yang meliputi kulit, tulang, dan otot.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.