Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buccal Facial, Memijat dan Membentuk Kulit Wajah dari Dalam Mulut

Kompas.com - 27/07/2022, 10:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Yahoo News

KOMPAS.com - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki dan mempertegas garis rahang atau jawline.

Mulai dari membuat kontur wajah dengan make up, melakukan microcurrent facial, yoga wajah, hingga yang terbaru adalah melakukan perawatan buccal facial.

"Buccal facial juga dikenal sebagai pijat intraoral, teknik yang melatih otot, ligamen, dan getah bening dari bagian dalam mulut."

Demikian penjelasan ahli perawatan wajah dan terapis pijat yang berbasis di London, Inggris, Guendalina Gennari.

"Itu adalah hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk melepaskan ketegangan dan melakukan facelift non-bedah," sambung Gennari.

Baca juga: Facial Wash dengan Kandungan Asam Amino, Apa Gunanya?

Kita mengenal, penghilangan lemak yang dilakukan melalui operasi di setiap sisi wajah untuk mempertegas jawline secara permanen.

Nah, buccal facial menargetkan area yang sama tetapi jauh lebih sedikit invasif dan bersifat sementara.

Untuk lebih memahami buccal facial, dan apa yang dapat dilakukannya pada kulit maupun tulang pipi, para ahli perawatan wajah menjelaskan semua yang perlu kita ketahui.

Mengenal buccal facial

Seperti yang telah disebutkan di atas, buccal facial adalah perawatan wajah yang melibatkan terapis untuk memasukkan tangan ke dalam mulut, untuk memijat dan membentuk kulit dari dalam.

"Perawatan ini mengatasi jaringan otot dari bagian luar wajah dan bagian dalam dengan cara manipulasi intra-oral," kata facialist di Onda Beauty di New York City, Kristen May Lee.

Sebagai permulaan, terapis akan mengenakan sarung tangan lateks sebelum memasukkan tangan ke mulut kita.

Namun, Gennari mengatakan, buccal facial biasanya dimulai dari luar untuk mengendurkan otot dan melepaskan sedikit ketegangan, sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Setelah otot-otot mengendur, terapis akan meletakkan ibu jarinya di bagian dalam mulut dan mulai melatih pipi maupun rahang dengan menggerakkan stagnasi cairan, lalu melepaskan ketegangan.

Baca juga: 7 Facial Paling Ekstrem yang Pernah Dicoba Manusia

"Sangat penting untuk bekerja di sekitar orbicularis mulut dan di sekitar hidung untuk membuka sinus dan mengeluarkan cairan," kata dia.

Kemudian, dia menggunakan jari telunjuknya untuk masuk lebih dalam ke sisi dalam pipi agar bisa mengangkat dan memahat dengan gerakan melingkar.

Lee juga menambahkan, sangat penting untuk bekerja dengan terapis yang benar-benar memahami anatomi wajah, dan ketika melakukan perawatan ini terapis perlu berfokus pada drainase limfatik.

"Lebih banyak drainase dapat menghilangkan kembung ekstra dengan dosis cerah yang baik melalui aliran darah beroksigen," kata dia.

Para ahli juga mengatakan, proses buccal facial relatif bebas dari rasa sakit.

Tetapi, menurut Gennari, sensasinya bisa bervariasi tergantung pada seberapa banyak ketegangan yang ditahan klien di rahang.

"Ini lebih merupakan sensasi pelepasan," tambah dia.

Halaman:
Sumber Yahoo News
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com