Kompas.com - 27/07/2022, 19:17 WIB

KOMPAS.com - Food waste atau sampah makanan menjadi jenis sampah yang mulai dikhawatirkan.

Pasalnya jumlah food waste yang meningkat mengindikasikan banyaknya makanan yang terbuang sia-sia di kala sebagian orang lain kekurangan makanan.

Menurut celebrity chef, Devina Hermawan, mengurangi food waste bisa dilakukan dengan sejumlah cara.

Namun, itu merupakan tantangan bagi siapa pun di dapur karena diperlukan trik-trik khusus agar makanan tidak berakhir di tempat sampah.

"Berbagai cara dan faktor perlu diperhatikan dengan cermat demi menjaga kualitas kesegaran bahan dan meminimalisir kerugian belanja."

Demikian penjelasan Devina dalam Bincang Shopee "Bahan Makanan Tetap Segar, Solusi Penyimpanan Pintar" yang digelar secara virtual Selasa (26/7/2022).

Lantas, bagaimana sih caranya supaya kita bisa menghargai bahan dan olahan makanan sekaligus membantu mengurangi food waste?

1. Buat rencana

Terkadang kita kalap ketika berbelanja di pasar atau supermarket. Akibatnya bahan makanan yang dibeli melebihi apa yang dibutuhkan.

Nah, untuk mencegah hal itu, pengelolaan kebutuhan bahan baku perlu diimbangi dengan proses belanja yang cermat.

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah membuat skala prioritas, merencanakan kebutuhan apa saja yang diperlukan, dan produk yang akan dibeli pada bulan berikutnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.