Kompas.com - 28/07/2022, 13:35 WIB

KOMPAS.com - Dunia memperingati tanggal 28 Juli sebagai Hari Hepatitis untuk meningkatkan kesadaran terhadap penyakit ini, termasuk kepedulian terhadap akses pengobatan dan pencegahannya.

Hepatitis merupakan penyakit menular dalam bentuk peradangan hati yang disebabkan oleh virus. Diperkirakan 1.5 juta orang di dunia meninggal setiap tahunnya akibat virus hepatitis B dan C. Hepatitis C menjadi sorotan karena risiko penularannya yang tinggi di Indonesia.

Penyakit ini dapat menular melalui darah dan biasanya muncul sebagai kondisi jangka panjang. Selain itu jalur kontak hepatitis C juga terjadi melalui cairan tubuh, seperti darah, air mani atau cairan vagina. 

Pasien yang menjalani terapi cuci darah (hemodialisis) memiliki risiko tinggi untuk tertular virus hepatitis C.

Baca juga: Yang Terjadi Pada Sistem Kekebalan Tubuh Saat Terserang Hepatitis C

Risiko tersebut makin meningkat seiring dengan lamanya waktu pasien menjalani hemodialisis. Bahkan pasien tersebut memiliki kecenderungan menularakan virus hepatitis C ke pasien hemodialisis lainnya.

Pemerintah Indonesia telah meluncurkan komitmen untuk mengeliminasi hepatitis C di tahun 2030.

Upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi hepatitis C bagi pasien hemodialisis yang bisa dilakukan antara lain menjalani prosedur pengendalian infeksi meliputi perilaku higienis, menjaga kebersihan tangan, keamanan injeksi, dan pembersihan lingkungan.

Saat ini di Indonesia juga telah tersedia terapi anti-virus hepatitis C golongan direct acting antivirus (DAA) yang telah terbukti secara klinis mencapai respon kesembuhan lebih dari 95 persen.

Akses terhadap pengobatan yang tepat dapat menjadi salah satu kunci pengendalian penyakit ini.

Baca juga: Mengenal Prosedur Cuci Darah untuk Pasien Gagal Ginjal

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.