Kompas.com - 30/07/2022, 18:12 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mempertahankan pandangan atau afirmasi diri yang positif bagi setiap orang sangatlah penting.

Sebab, afirmasi diri yang positif ini akan membantu kita memulihkan kepercayaan pada diri sendiri dan membawa pandangan positif tentang kehidupan secara keseluruhan.

Memang benar bahwa afirmasi diri yang positif bukanlah pengganti bantuan profesional seperti terapi ketika kita merasa cemas atau tertekan.

Tetapi, mencari beberapa bahasa cinta untuk diri sendiri setelah mengalami hari yang buruk adalah cara untuk keluar dari keterpurukan dan mendorong kita untuk kembali bersemangat.

Mulai dari membentuk kebiasaan kesehatan mental yang lebih baik hingga meningkatkan harga diri, kata-kata afirmasi untuk diri sendiri juga memainkan peran besar dalam hidup.

Tapi sebelum berbicara lebih jauh, mari kita pahami dulu apa itu afirmasi diri.

Baca juga: Manfaat Afirmasi Positif bagi Diri dan Cara Mempraktikkannya

Mengenal afirmasi diri

Awalnya dipopulerkan oleh Claude Steele pada akhir 1980-an, afirmasi diri adalah teori psikologi yang berfokus pada bagaimana individu beradaptasi dengan informasi atau pengalaman yang mengancam konsep diri mereka.

Afirmasi diri yang positif dapat berupa tindakan yang menegaskan harga diri setiap individu dan itu sering kali membuat kita merefleksikan nilai-nilai inti kita.

Pada gilirannya, afirmasi diri memiliki pandangan yang lebih luas dan tidak memihak tentang diri sendiri.

Dengan cara ini kita dapat bergerak melampaui ancaman diri maupun rasa tidak aman yang menahan dan terbukti sebagai tantangan bagi harga diri serta integritas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.