Kompas.com - 31/07/2022, 08:15 WIB

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, ada banyak hal yang perlu diperhatikan mengenai kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Hal ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup dan tentunya dapat membuat kita menua dengan lebih baik lagi, terlebih jika sudah memasuki usia 50 tahun ke atas.

Sayangnya, sebagian besar orang tidak menganggap bahwa kebiasaan maupun gaya hidup buruk yang mereka lakukan sejak usia muda itu dapat mengganggu kesehatan di masa tua.

Nah, untuk mencegahnya, maka kita harus menghindari beberapa kesalahan yang dapat mengganggu kesehatan, terutama setelah menginjak usia 50 tahun.

Baca juga: Menu Sarapan yang Bikin Jennifer Garner Awet Muda di Usia 50 Tahun

1. Membiarkan persahabatan memudar

Ada banyak penelitian yang menunjukkan betapa pentingnya persahabatan dan komunitas bagi kesejahteraan fisik dan mental kita, terutama setelah usia 50 tahun.

"Di kemudian hari, saat teman kita pindah dan mobilitas kita menurun, risiko kesepian akan semakin meningkat," kata seorang terapis, Karen Riddel.

"Seiring bertambahnya usia, menjadi penting bagi kita untuk menginvestasikan waktu dalam kegiatan sosial, bergabung dengan kelompok sosial, dan mengenal orang-orang yang kita lihat secara teratur bila memungkinkan," ungkap dia.

Bahkan, interaksi sosial sederhana dengan orang-orang di kedai kopi atau toko bahan makanan setempat juga dapat membuat perbedaan besar dalam perasaan terhubung dan diperhatikan oleh seseorang.

2. Mengabaikan kesehatan tulang

Para ahli kesehatan memperingatkan, risiko terkena osteoporosis meningkat setelah usia 50 tahun.

Baca juga: Usia 50? Pilih Makanan Ini untuk Jaga Metabolisme Tubuh

"Meskipun penyakit ini lebih sering terjadi pada wanita, pria juga berisiko terkena osteoporosis," kata peneliti di UC San Diego School of Medicine, Heather Buschman, PhD.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.