Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Orangtua Harus Belajar Mengelola Emosi Anak

Kompas.com - 01/08/2022, 15:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Nika Halida Hashina dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Mendampingi anak dalam masa tumbuh kembangnya jelas hal yang tidak mudah. Terlebih pada saat anak menginjak masa eksplorasi yaitu usia tiga sampai enam tahun, yang merupakan masa-masa krusial perkembangan pola pikir mereka.

Dalam hal ini, orangtua pasti dihadapkan pada tingkah anak yang terkadang membuat gemas. Karena rasa ingin tahu dan kecenderungan untuk terus bermain pun membuat anak sangat sulit dikontrol.

Menghadapi situasi pengasuhan yang sulit, membuat orangtua lelah dan terpengaruh secara emosional.

Sering kali kita menemukan fakta bahwa orangtua menggunakan cara membentak anak untuk menghindari mereka berbuat hal buruk. Padahal, pada masa tersebut, kecerdasan emosional anak tanpa sadar juga sedang dilatih.

Maka dari itu, meninggikan nada, membentak, memarahi, bahkan menjatuhkan atau menghina anak bukanlah sebuah solusi. Di sisi lain, orangtua yang sadar akan hal ini juga memendam emosinya yang dapat berakibat buruk.

Lantas, apa yang harus kita lakukan agar kontrol emosi kita tetap terjaga?

Pembahasan ini secara lengkap dipaparkan oleh Pritta Tyas, Co-Founder Good Enough Parents dan Montessori & Certified Positive Discipline Parents Educator, dalam siniar Obrolan Meja Makan dalam episode bertajuk "Seni Mengelola Emosi Orangtua Terhadap Anak” yang tayang di Spotify.

Hal yang Harus Dilakukan Saat Emosi Anak Tersulut

Kita tentu harus sabar dalam menghadapi anak, namun menurut Pritta, sabar saja tidak cukup. Sebagai orangtua, kita juga memerlukan ilmu dan latihan untuk mengelola emosi. Dalam hal ini, Pritta membaginya ke dalam 3A.

Pertama, acknowledge our emotion atau ketahui emosi apa yang kita rasakan. Misalnya, ketika anak sedang makan tetapi makanannya ia buang-buang ke lantai. Tanyakan kepada diri sendiri apa yang kita rasakan.

Baca juga: Kiat Menjadi Single Mother yang Baik bagi Anak

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.