Kompas.com - 02/08/2022, 05:44 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Memulai hari dengan menyebutkan kalimat afirmasi positif kepada diri sendiri bisa membuat hati dan pikiran jauh lebih tenang.

Ini dapat dikatakan sebagai kalimat atau "mantra ajaib" yang bermaksud untuk menegaskan serta meyakinkan diri kita dalam meningkatkan perasaan harga diri, serta memfasilitasi respons positif ketika menghadapi masa-masa sulit.

Menurut para guru meditasi, instruktur yoga dan ahli psikologi, kalimat afirmasi positif dapat diterapkan oleh semua orang dan dijadikan sebagai energi penyembuh serta mengembalikan keyakinan dan ketenangan hati.

Melansir Well and Good, tak ada salahnya jika kita mencoba menyebutkan kalimat afirmasi positif berikut ini saat memulai hari dan rasakan perbedaannya.

Baca juga: 7 Kalimat Afirmasi Positif untuk Atasi Stres dan Cara Menerapkannya

1. "Aku melihatmu. Terima kasih untuk informasinya. Aku mencintaimu"

Adreanna Limbach, penulis Tea and Cake With Demons dan juga seorang guru meditasi virtual di MNDFL mengatakan, kalimat afirmasi positif yang bisa membuat hati dan pikiran lebih tenang adalah tentang memvalidasi perasaan diri sendiri.

Dia menyarankan ketika hati dan pikiran sedang kacau, kita dapat meletakkan satu tangan di dada dan satu tangan lagi di perut dan mengulangi kalimat "Aku melihatmu. Terima kasih untuk informasinya. Aku mencintaimu."

Menurutnya, frase ini dapat memberikan sinyal ke sistem saraf bahwa menunjukkan kalau kita tidak sendirian, tidak ke mana-mana dan merasa aman.

2. "Hari ini saya aman. Saya sehat. Jangan khawatir, Saya berbaik hati pada diri sendiri dan orang lain. Hari ini, saya bersyukur."

Menurut pelatih spiritual, master Reiki Kelsey Patel, kalimat di atas dapat mengembalikan apa yang kita dapat kendalikan.

Kalimat tersebut bisa diucapkan sebagai rasa syukur setiap hari ketika hendak memulai aktivitas dan mengulangi hal yang sama esok hari, lusa dan seterusnya.

Baca juga: Raine Beauty, Bentuk Self-love Raisa Melalui Make Up

Cara menguatkan mental bisa berbeda-beda pada setiap orang. Namun, penting untuk dipahami bahwa memiliki mental yang kuat bisa menjadikan kita individu yang lebih baik seiring waktu.UNSPLASH/ZAC DURANT Cara menguatkan mental bisa berbeda-beda pada setiap orang. Namun, penting untuk dipahami bahwa memiliki mental yang kuat bisa menjadikan kita individu yang lebih baik seiring waktu.

3. "Segalanya tidak pasti, tapi saya bisa mengatasinya"

Secara naluriah, manusia memiliki kekuatan batin yang bisa memulihkan dirinya sendiri.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.