Kompas.com - 02/08/2022, 20:25 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bayi kembar siam asal Brasil, Bernado dan Arthur Lima yang berusia 3 tahun berhasil dipisahkan.

Operasi kembar siam pun dilakukan secara terpisah. Si kembar ditangani tim medis yang ada di Rumah Sakit Rio de Janeiro, Brasil. Sedangkan arahan diberikan dengan bantuan teknologi virtual reality (VR) dari tim medis yang ada di Rumah Sakit Great Ormond Street, London, Inggris.

Sebagaimana dilansir BBC, badan amal yang membantu menanganinya, Gemini Untwined mengatakan bahwa proses operasi ini merupakan yang paling rumit.

Sebelumnya, tim medis menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk menguji coba teknik yang digunakan dalam pemisahan bayi kembar siam berdasarkan pemindaian CT dan MRI.

Badan amal itu juga menyebutkan bahwa proses operasi dengan bantuan VR ini merupakan pertama kalinya, yang mana ahli bedah di negara berbeda saling terhubung di ruang operasi secara bersamaan.

Bernado dan Arthur menjalani tujuh kali operasi yang memakan waktu lebih dari 27 jam. Di akhir sesi pembedahan, tercatat ada 100 staf medis yang terlibat.

Berbicara tentang aspek teknologi VR, CEO Gemini Untwined, Jeelani mengatakan bahwa proses pemisahan ini sangat luar biasa.

"Dalam beberapa hal, operasi ini dianggap yang paling sulit di zaman kita sekarang. Tim medis melakukannya dalam VR dan merupakan pekerjaan manusia di Mars," ungkapnya sembari menggambarkan bahwa teknologi ini secanggih inovasi ruang angkasa.

Baca juga: Setelah Unreal Engine, Upie Guava Garap Video Musik dengan Teknologi VR

Dia juga mengatakan bahwa sebelumnya upaya pemisahan sempat gagal karena anatomi tubuh laki-laki yang rumit, terlebih pada jaringan parut.

Ada beberapa prosedur yang berisiko.

Halaman:
Sumber BBC


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.