Kompas.com - 03/08/2022, 08:28 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bisa dikatakan, bawang putih adalah salah satu bahan makanan kesayangan banyak orang.

Sebab, selain kemampuannya dalam menyedapkan rasa dan memberi aroma pada masakan, bawang putih sebenarnya cukup awet dan mudah disimpan.

Namun, bukan berati kita bisa menyimpannya sembarangan. Sebab, ada cara menyimpan bawang putih yang dapat memperpanjang umurnya.

Hal pertama yang harus kita perhatikan saat akan menyimpan bawang putih adalah membuatnya tetap dalam bentuk asalnya.

Jadi, sebaiknya jangan melepaskan dan mengupas bawang putih dari umbinya sampai kita siap menggunakannya. Lalu, biarkan umbi bawang putih tetap tertutup lapisan tipisnya.

Dengan cara ini, bawang putih utuh bisa bertahan hingga enam bulan, sementara bawang putih yang sudah kehilangan satu siung bawangnya dapat bertahan 10 hingga 14 hari sebelum mulai bertunas.

Baca juga: 9 Manfaat Menakjubkan Bawang Putih, untuk Kulit hingga Tanaman

Lalu jika kita memiliki bawang putih yang masih memiliki batangnya, Ed Fraser dari Fraser's Garlic Farm di New York mengatakan agar kita mengikatnya menjadi sebuah bundel atau mengepangnya, lalu menggantungnya di dapur.

Jadi jika ingin digunakan, kita tinggal mengupas satu atau beberapa siung bawang putih dari kepangan sesuai kebutuhan.

Kita juga tidak perlu khawatir soal penyimpanan.

Sebab, meski wadah keramik atau terracota khusus adalah tempat terbaik untuk menyimpannya, bawang putih tetap bisa disimpan dalam keranjang jaring, kantong kertas, dan mangkuk biasa, asalkan sirkulasi udaranya tetap kering, tidak menahan kelembapan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.