Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Cara Memilih Warna Outfit Sesuai dengan Undertone

Kompas.com - 03/08/2022, 18:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Bagi beberapa orang penampilan adalah segalanya. Mereka yang menganggap penampilan sebagai prioritas akan menggunakan pakaian sesuai karakternya. Selain itu, mereka juga tak akan sembarangan dalam memadukannya.

Oleh sebab itu, kini muncul istilah yang ramai di media sosial soal cewek kue, mamba, hingga bumi. Cewek kue diidentikkan dengan perempuan yang senang menggunakan pakaian berwarna-warni. Kebalikannya, cewek mamba adalah perempuan yang sering mengenakan pakaian berwarna hitam.

Terakhir, cewek bumi yang dijelaskan dalam siniar Semua Bisa Cantik bertajuk “Beauty Diary: Untukmu Si Cewek Bumi” yang identik dengan pakaian earth tone atau warna bumi. Biasanya, mereka memilih warna-warna kalem untuk pakaiannya.

Pemilihan warna pakaian memang tak kalah penting. Penelitian yang dilakukan Obeng dkk. (2018) kepada responden membuktikan bahwa 85,3 persen dari mereka mengaku kalau pemilihan warna pada outfit bisa mengubah suasana hati dan tingkat kepercayaan diri.

Salah satu cara yang bisa digunakan agar bisa memilih warna pakaian dengan tepat adalah melihat undertone. Lantas, bagaimana caranya?

Apa Itu Undertone dan Fungsinya?

Selain warna kulit yang kita kenal pada umumnya, ada pula istilah undertone. Undertone adalah warna yang tak terlihat secara jelas di permukaan kulit. Meskipun begitu, warna ini sangat memengaruhi warna permukaan kulit kita.

Umumnya, ada tiga jenis undertone, yaitu cool (dingin), warm (hangat), dan neutral (netral). Ketiganya pun memiliki karakteristik yang berbeda dan bisa memengaruhi bagaimana kita berpenampilan.

Selain itu, undertone juga berfungsi untuk menentukan shade foundation dan concealer yang sesuai dengan warna asli kulit kita. Hal ini penting dilakukan karena masih banyak orang yang keliru dalam memilih shade kosmetik.

Baca juga: Pakai Sunscreen atau Day Cream Dulu, Ya?

Mengenal Tiga Macam Undertone

Kulit yang memiliki undertone hangat biasanya tak mudah terbakar sinar matahari karena memiliki lebih banyak melanin. Oleh sebab itu, undertone ini biasanya dimiliki oleh orang-orang dengan warna dasar kulit kekuningan atau cokelat zaitun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.