Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puma Digugat Keluarga Seniman Meksiko Frida Kahlo, Apa Perkaranya?

Kompas.com - 04/08/2022, 07:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber El Pais

KOMPAS.com - Keluarga dari mendiang Frida Kahlo mendesak merek perlengkapan olahraga Puma untuk tidak lagi menjual koleksi pakaian olahraga yang terinspirasi dari sang seniman di pasaran.

Frida Kahlo yang memiliki nama lengkap Magdalena Carmen Frida Kahlo dikenal luas sebagai pelukis perempuan asal Meksiko.

Kahlo lahir pada 6 Juli 1907, di Coyoacán, Mexico City, Meksiko, dan meninggal dunia pada 13 Juli 1954.

Dalam sebuah surat yang dikirim pada Jumat (22/7/2022) lalu, tim kuasa hukum yang mewakili Mara Romeo, keponakan perempuan dari sang pelukis, memberi perusahaan Jerman itu waktu selama tujuh hari untuk berhenti mempromosikan koleksi pakaian tersebut.

Pengacaranya juga mengancam akan menggugat Puma di pengadilan Spanyol jika promosi tidak segera berakhir.

"Kami wajib meminta Anda untuk tidak berpartisipasi, secara langsung atau tidak langsung, dalam inisiatif komersial apa pun yang melibatkan penggunaan nama atau gambar pelukis Frida Kahlo."

Baca juga: Puma Pilih NCT 127 Jadi Brand Ambassador di Asia Pasifik

Demikian bunyi surat yang ditandatangani oleh Alfonso Duran, perwakilan keluarga seniman.

Ada pun perusahaan tersebut juga pernah melakukan eksploitasi yang terkait dengan nama Frida Kahlo saat berkolaborasi dengan Frida Kahlo Corporation, sebuah perusahaan Panama yang dibuat pada tahun 2004 melalui koleksi sneaker, t-shirt, legging, hingga aksesori.

Romeo pun telah terlibat dalam perselisihan hukum dengan perusahaan tersebut selama hampir satu dekade.

Terlebih lagi, keturunan dari seniman ternama itu juga memiliki 49 persen saham di Frida Kahlo Corporation.

Dia menuduh Puma telah secara sistematis melanggar perjanjian yang ditandatangani setelah pembentukan perusahaan dan mengklaim bahwa keluarga menyerahkan semua hak sekarang dan masa depan yang dimilikinya tanpa syarat apa pun.

Mengajukan dua gugatan

Dalam surat gugatan itu, tim yang mewakili Romeo memperingatkan Puma bahwa mereka telah mengajukan setidaknya dua gugatan, satu di Panama dan satu di Spanyol.

Baca juga: Kolaborasi Kedua Puma X Dua Lipa, Rilis 30 Busana Bergaya Era 2000-an

Yang pertama, keluarga meminta tindakan pencegahan dan penunjukan administrasi peradilan yang bertugas membela kepentingan perusahaan tersebut.

Sementara yang kedua, pengacara meminta penghapusan perjanjian asosiasi atau produksi bersama dengan Frida Kahlo Corporation dalam penggunaan gambar dan nama yang tidak tepat dari pelukis.

"Jika dalam tujuh hari ke depan Anda tidak secara resmi memberi tahu kami tentang keputusan Anda untuk secara definitif menarik diri dari promosi, kami akan melanjutkan gugatan tanpa basa-basi lagi," demikian bunyi surat yang dikirim ke Puma.

Halaman:
Sumber El Pais
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com