Kompas.com - 04/08/2022, 10:28 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pada dasarnya, batuk adalah respons alami tubuh untuk menyingkirkan berbagai zat yang dapat mengiritasi saluran pernapasan.

Respons alami ini akan muncul sekalipun kita dalam kondisi sehat.

Tetapi jika batuk terjadi secara terus-menerus, aktivitas bisa terganggu dan membuat tubuh tidak nyaman. Sebab, batuk membuat otot di sekitar dada terasa nyeri, serta tenggorokan kering dan perih.

"Batuk disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari virus, asma atau alergi, hingga masalah kesehatan yang lebih serius seperti penyakit paru-paru kronis, gagal jantung kongestif, atau kanker."

Begitu penjelasan Michael Hanak, MD, asisten profesor kedokteran keluarga di Rush University Medical Center di Chicago, AS.

Konsumsi obat-obatan tertentu, faktor lingkungan seperti debu, jamur, atau polutan lain yang mengiritasi paru-paru, hingga refluks asam juga dapat memicu batuk, menurut Hanak.

"Bila batuk muncul lebih dari dua minggu, disarankan menghubungi dokter untuk pengujian atau rekomendasi tambahan," katanya.

Baca juga: Makanan dan Minuman Terbaik untuk Redakan Gejala Batuk dan Pilek

Untuk mengatasi batuk, 12 metode ini dapat dicoba di rumah:

1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu mengurangi durasi batuk, berdasarkan temuan sebuah studi pada tahun 2019.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.