Kompas.com - 04/08/2022, 11:05 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ketombe adalah masalah rambut yang membuat kulit kepala gatal, kering, bersisik, dan sering kali menimbulkan ketidaknyamanan.

Menurut dokter spesialis kulit di The Mount Sinai Hospital, Joshua Zeichner, MD, ketombe bisa terjadi di seluruh kulit kepala, tetapi biasanya paling umum di bagian belakang kepala, di sepanjang garis rambut depan, dan di sekitar telinga.

Dia juga mengatakan bahwa ketombe adalah hasil dari reaksi tubuh terhadap ragi atau sejenis jamur yang hidup secara alami di kulit, termasuk di kulit kepala.

"Ketika ragi tumbuh terlalu banyak, itu dapat membuat reaksi imun inflamasi yang menyebabkan kulit mengelupas," terangnya.

"Terutama dalam cuaca panas dan lembab, keringat dan minyak yang menumpuk di kulit kepala dapat menciptakan tempat yang ideal bagi lebih banyak ragi untuk tumbuh," sambung dia.

Kendati demikian, kita tidak perlu khawatir. Karena selain sampo, kita juga dapat memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah untuk mengatasi masalah ketombe ini.

Baca juga: Ketahui, 7 Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak beberapa solusi mengatasi ketombe secara alami, seperti berikut ini.

1. Tea tree oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh dapat digunakan sebagai obat untuk berbagai kondisi jamur dan bakteri karena memiliki sifat antimikroba.

"Ini juga dapat membunuh dan menghentikan pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur," kata Dr Zeichner.

Sebuah studi tahun 2002 yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology menguji kelompok kontrol yang menggunakan sampo non-tea tree dan sampo tea tree sebanyak 5 persen pada 126 peserta.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.