Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/08/2022, 11:00 WIB
Gading Perkasa,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Ketika kita masih muda, tubuh membentuk tulang baru dan mengganti kerusakan tulang lama secara lebih cepat.

Seiring bertambahnya usia, tulang juga dapat mengalami penuaan, yang ditandai dengan menurunnya massa atau kepadatan tulang.

Selain usia, terdapat beberapa faktor yang tidak dapat dicegah terkait penuaan tulang, yakni jenis kelamin, riwayat keluarga hingga ukuran kerangka tubuh yang memengaruhi kesehatan tulang.

Baca juga: Jaga Kesehatan Tulang di Usia Tua, Berapa Gelas Susu yang Diperlukan?

Kabar baiknya, kita bisa memperkuat dan menjaga kesehatan tulang dengan memerhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, termasuk apa yang kita minum.

Ahli diet Brittany Dunn, MS, RDN, CD membeberkan apa saja kebiasaan minum yang mampu menjaga kesehatan tulang dan mencegah penuaan.

1. Minum susu yang difortifikasi atau alternatif susu

Menurut Dunn, minum susu adalah salah satu langkah baik untuk memberikan nutrisi penting bagi tulang.

"Susu fortifikasi dan alternatif susu mengandung vitamin D, kalsium, dan protein untuk mendukung kesehatan tulang," katanya.

Susu yang difortifikasi adalah susu sapi yang mengandung vitamin dan mineral ekstra yang tidak ditemukan dalam susu biasa.

Baca juga: 3 Latihan Olahraga untuk Kesehatan Tulang, Sendi, dan Otot

Jika kita memiliki intoleransi laktosa atau bukan penggemar susu sapi, carilah alternatif susu yang juga mengandung vitamin tambahan berupa susu nabati seperti susu kedelai, susu oat, susu beras, susu kelapa, dan susu almond.

Dunn menyarankan untuk mengonsumsi kefir yang kaya akan probiotik, jika tidak menyukai susu fortifikasi atau alternatif susu.

2. Tambahkan susu ke dalam smoothie

Bagi yang kesulitan meminum susu secara langsung, Dunn menganjurkan untuk menambahkan susu ke dalam smoothie agar membantu menjaga tulang tetap sehat.

Produk susu seperti susu rendah lemak, yogurt, dan susu kedelai yang difortifikasi merupakan sumber kalsium, vitamin D, dan protein yang baik untuk mengembangkan tulang yang kuat.

Ilustrasi smoothie pisang untuk menu minuman segar. DOK.PEXELS/Charlotte May Ilustrasi smoothie pisang untuk menu minuman segar.
Studi yang dimuat dalam jurnal Nutrition Today menemukan, protein membentuk sekitar 50 persen dari volume tulang dan sekitar sepertiga massa tulang.

Protein adalah nutrisi utama untuk membangun kesehatan tulang. Mengonsumsi susu yang kaya protein dapat membantu kita mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

3. Mengonsumsi sayuran berdaun hijau

Ada cara lain untuk mendapatkan asupan kalsium jika kita bukan penggemar susu, yaitu mengonsumsi sayuran berdaun hijau.

Halaman:
Sumber Eat This
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com