Kompas.com - 07/08/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Ketika kita masih muda, tubuh membentuk tulang baru dan mengganti kerusakan tulang lama secara lebih cepat.

Seiring bertambahnya usia, tulang juga dapat mengalami penuaan, yang ditandai dengan menurunnya massa atau kepadatan tulang.

Selain usia, terdapat beberapa faktor yang tidak dapat dicegah terkait penuaan tulang, yakni jenis kelamin, riwayat keluarga hingga ukuran kerangka tubuh yang memengaruhi kesehatan tulang.

Baca juga: Jaga Kesehatan Tulang di Usia Tua, Berapa Gelas Susu yang Diperlukan?

Kabar baiknya, kita bisa memperkuat dan menjaga kesehatan tulang dengan memerhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, termasuk apa yang kita minum.

Ahli diet Brittany Dunn, MS, RDN, CD membeberkan apa saja kebiasaan minum yang mampu menjaga kesehatan tulang dan mencegah penuaan.

1. Minum susu yang difortifikasi atau alternatif susu

Menurut Dunn, minum susu adalah salah satu langkah baik untuk memberikan nutrisi penting bagi tulang.

"Susu fortifikasi dan alternatif susu mengandung vitamin D, kalsium, dan protein untuk mendukung kesehatan tulang," katanya.

Susu yang difortifikasi adalah susu sapi yang mengandung vitamin dan mineral ekstra yang tidak ditemukan dalam susu biasa.

Baca juga: 3 Latihan Olahraga untuk Kesehatan Tulang, Sendi, dan Otot

Jika kita memiliki intoleransi laktosa atau bukan penggemar susu sapi, carilah alternatif susu yang juga mengandung vitamin tambahan berupa susu nabati seperti susu kedelai, susu oat, susu beras, susu kelapa, dan susu almond.

Dunn menyarankan untuk mengonsumsi kefir yang kaya akan probiotik, jika tidak menyukai susu fortifikasi atau alternatif susu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Eat This


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.