Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Waspada, Ini Tanda Hubunganmu Toxic

Kompas.com - 09/08/2022, 12:17 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Riski Monika dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Dalam menjalin suatu hubungan, pastinya kita menginginkan rasa senang dan nyaman. Namun, tak jarang sebuah hubungan justru hanya melahirkan sakit hati bagi salah satu pasangan.

Toxic relationship atau hubungan toksik tak hanya terjadi pada pasangan yang sudah menikah, tapi juga pada pasangan kekasih. Awalnya, seseorang tidak menyadari jika hubungan itu ternyata beracun. Ini disebabkan karena ia akan terus mencari penyangkalan atas perasaan yang membuatnya tertekan.

Amelia, Teman Halo Jiwa Indonesia, membagikan kisahnya saat terjebak dalam hubungan yang kurang baik. Dirinya juga memberikan saran agar kita bisa keluar dari hubungan toksik yang seharusnya cepat diakhiri lewat siniar Anyaman Jiwa bertajuk “Jika Kamu Berada di Toxic Relationship”.

“Awalnya, aku mikir dia pasanganku. Pada saat itu, sering atur-atur hidupku karena itu emang cara dia buat nunjukin kasih sayangnya. Sampai saat aku nggak nurutin apa maunya dia, aku dikata-katain dan dipukul,” ujar Amelia.

Semula Amelia berpikir jika apa yang ia dapatkan merupakan hukuman atas kesalahannya. Tapi, suatu hari ia tersadar jika selama ini hubungan yang dijalani tidak sehat. Amelia merasa lebih banyak sedihnya daripada senangnya.

Garis antara hubungan sehat dan tidak sehat dapat sangat sulit untuk diidentifikasi bagi korbannya. Namun, sering kali tanda-tanda tersebut mungkin tampak terlihat lebih jelas di kacamata orang lain.

Baca juga: Berapa Waktu Olahraga yang Ideal agar Panjang Umur?

Melansir Insider, berikut cara mengenali tanda hubungan toksik yang seharusnya ditinggalkan.

Kurangnya Kepercayaan

Pasangan adalah seseorang yang bisa diandalkan, dijadikan sandaran, dan selalu berada di samping kita. Tanpa adanya kepercayaan, semua hal ini tidak mungkin terjadi.

Jeni Woodfin, terapis di San Jose, California mengatakan, "Tanpa kepercayaan dan bukan hanya percaya jika pasangannya akan setia, tetapi juga percaya jika pasangannya akan memberikan yang terbaik." Hal ini lantas memudarkanrasa aman dalam hubungan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.