Kompas.com - 09/08/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Beban pekerjaan yang menumpuk memaksa kita duduk sepanjang hari, sehingga kita nyaris tidak memiliki waktu luang untuk berolahraga.

Namun apakah "waktu luang" itu benar-benar sama sekali tidak ada? Atau kita hanya mencari-cari alasan agar tidak perlu berolahraga?

Sebenarnya, membuat beberapa penyesuaian kecil pada rutinitas harian dapat membantu membakar kalori, meskipun kita sedang bekerja.

Pelatih kebugaran dan nutrisi Tim Liu, CSCS membagikan lima trik sederhana agar kita bisa membakar kalori saat bekerja. Simak penjelasan berikut.

Baca juga: Berkeringat Tanda Kalori Terbakar, Benarkah?

1. Lakukan desk push up

Liu menyarankan kita beristirahat sejenak di antara waktu kerja untuk melakukan squat dan desk push up di ruang kerja kita.

Desk push up pada dasarnya adalah melakukan push up dengan tangan menempel di permukaan meja.

Tidak ada perbedaan gerakan antara push up biasa dengan desk push up, hanya saja kita memanfaatkan meja untuk berlatih, bukan lantai.

Jangan lupa mencatat rutinitas latihan. Catatan itu berfungsi untuk merekam repetisi atau pengulangan latihan kita. Siapa tahu jumlah repetisi kita terus meningkat dari waktu ke waktu.

2. Menelepon sembari berjalan kaki

Ketika harus menghubungi rekan kerja, atasan, atau klien melalui telepon, ambil sepatu olahraga dan berjalan kaki di luar.

Menelepon sembari berjalan kaki membantu kita mengurus tugas kantor tanpa melupakan target langkah harian kita.

Baca juga: Olahraga di Cuaca Panas Bakar Kalori Lebih Banyak, Benarkah?

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Eat This


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.