Kompas.com - 10/08/2022, 08:03 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kebiasaan bermain anjing rupanya dapat menandakan kecerdasannya. Setidaknya, itulah yang ditemukan dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Eotvos Lorand University.

Tim peneliti dari universitas tersebut menemukan bahwa anjing yang lebih aktif, umumnya juga lebih cerdas, misalnya dari ras Border Collie dapat mempelajari hingga 12 kata baru per minggunya.

Bahkan, anjing-anjing itu dapat mengingat kata-kata tersebut selama beberapa bulan.

Lebih lanjut, saat melakukan penelitian tambahan guna mencari tahu mengapa beberapa Border Collie dapat memiliki kemampuan unik itu, para peneliti menemukan fakta menarik.

Rupanya, anjing-anjing yang masuk ke dalam kategori “berbakat” itu memiliki satu kesamaan, yaitu sangat aktif dan senang bermain.

Perlu diketahui, untuk mendapatkan hasil temuan tersebut, tim peneliti melakukan survei pada 165 pemilik Border Collie dengan menggunakan kuisioner perilaku anjing.

Hasilnya, ditemukan bahwa 21 dari total anjing tersebut dapat dikategorikan sebagai “gifted” atau “berbakat” atau dapat memahami bahasa manusia, sementara 114 sisanya dipilih secara acak tanpa pengujian lebih lanjut guna menentukan kemampuan memahami anjing.

"Anjing ‘gifted’ merujuk pada kapasitas tertentu dalam suatu kasus atau kemampuan tertentu,” ujar pemimpin penelitian, Claudia Fugazza.

Baca juga: 10 Ras Anjing Paling Cerdas di Muka Bumi

Adapun soal detail penelitian, rupanya tim peneliti menguji semua sifat anjing berdasarkan lima kategori, yaitu rasa takut, agresi terhadap orang lain, aktivitas, keresponsifan, dan agresi pada hewan lain.

Setelah itu, para pemilik diminta untuk menguji anjing berdasarkan tiga kategori, yaitu kebosanan anjing saat bermain, anjing merasa senang saat bermain, dan objek lempar tangkap.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.