Kompas.com - 14/08/2022, 18:18 WIB

KOMPAS.com - Pemberian asupan makanan pendamping air susu ibu (MPASI) saat buah hati berusia enam bulan merupakan salah satu hal penting untuk mendukung tumbuh kembangnya. 

Seperti diketahui, pada usia 1-6 bulan, kebutuhan nutrisi bayi tercukupi dari asupan ASI. Namun, seiring pertambahan usia, kebutuhan nutrisi si kecil semakin meningkat. Kandungan gizi pada ASI pun tak cukup untuk menutrisi tubuh anak.

Sebab itu, orangtua harus mulai memberikan MPASI saat anak memasuki periode tersebut demi mencukupi kebutuhan nutrisi bayi agar tumbuh kembangnya optimal.

Setelah makan makanan cair berupa ASI, anak juga perlu mendapatkan makanan padat. Pada tahapan ini, anak mulai belajar mengenal berbagai makanan sekaligus mengembangkan kemampuan motorik, seperti memasukkan, mengunyah, dan menelan makanan.

Meski begitu, memberikan MPASI pada si kecil tak dapat dilakukan sembarangan. Jika tak dilakukan dengan pemahaman tepat dan persiapan cukup, pemberian MPASI yang tak tepat dapat membuat si kecil sakit atau mengalami masalah kesehatan.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Stunting pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Dikutip dari The Asian Parent, ada beberapa masalah yang diakibatkan dari pemberian MPASI yang tidak tepat. Salah satunya adalah alergi.

Anak dapat mengalami alergi bila orangtua tidak memperhatikan riwayat alergi keluarga ataupun alergi bawaan anak.

Untuk meminimalisasi hal itu, hindari memberikan makanan yang berasal dari laut, seperti ikan dan seafood pada enam bulan pertama.

Masalah berikutnya yang bisa muncul yakni terjadinya luka pada usus karena pemberian MPASI yang terlalu dini yang menyebabkan dampak buruk pada metabolisme anak.

Untuk itu, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan MPASI diberikan setelah anak berusia 6 bulan. Pemberian MPASI di bawah usia itu berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Baca Juga: Stunting adalah Kondisi Gagal Tumbuh pada Anak, Berikut Faktanya!

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.