Kompas.com - 15/08/2022, 13:45 WIB

KOMPAS.com - Hidup di antara keluarga toxic lambat laun akan memberikan pengaruh negatif pada kesehatan mental kita.

Konflik yang muncul dalam keluarga sebenarnya adalah hal yang normal namun dalam sejumlah kasus, kondisinya sangat buruk sehingga bisa dikategorikan beracun.

Keluarga toxic adalah keluarga yang para anggotanya secara teratur melakukan indakan yang menyakiti atau berdampak negatif satu sama lain.

Baca juga: 6 Tanda Kita Mengalami Kekerasan Emosional dari Orangtua di Masa Kecil

Perpetua Neo, psikolog yang aktif di Singapura mengatakan penting untuk membedakan tindakan toxic yang dilakukan anggota keluarga dengan unit keluarga yang toxic.

"Yang pertama adalah ketika itu mendarah daging dalam kepribadian kita, dan kita secara aktif menikmati menyakiti orang lain; yang kedua sesuai dengan aspek perilaku kita," katanya, dikutip dari Mind, Body, Green.

Pengaruh keluarga toxic pada kesehatan mental

Tumbuh besar dalam keluarga yang toxic atau sekitar anggota keluarga dengan tindakan tersebut akan berdampak pada kondisi mental kita, disadari atau tidak.

Menurut psikoterapis Annette Nuñez, Ph.D., LMFT, hal itu dapat menyebabkan depresi, kecemasan, dan perasaan "berjalan di atas kulit telur" meskipun berada di rumah sendiri.

"Itu juga dapat memengaruhi harga diri, harga diri, kepercayaan diri, dan cinta diri seseorang," katanya.

Keluarga toxic kemudian membentuk kita menjadi pribadi yang sangat cemas termasuk memengaruhi cara memandang rumah, keluarga, orang lain dan dunia pada umumnya.

Selain itu, toxic family juga memengaruhi gaya kita dalam menjalin hubungan pribadi termasuk pernikahan.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental dalam Keluarga

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.