Kompas.com - 15/08/2022, 14:21 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebuah studi baru yang mengamati tentang kesehatan dan pola pergerakan manusia menemukan bahwa anak-anak di Jepang berjalan dengan cara berbeda dibanding anak-anak di negara lain.

Dilansir dari Yahoo, studi yang baru saja diterbitkan dalam jurnal “Scientific Reports” tersebut menemukan bahwa pola gaya berjalan anak-anak Jepang berusia 6 hingga 12 tahun berbeda dari anak-anak di negara maju lainnya.

Untuk diketahui, gaya berjalan seseorang merupakan pola motorik yang kompleks dan sangat vital dalam kehidupan manusia sehari-harinya, meski jarang disadari.

Bahkan, diyakini bahwa memahami pola berjalan seseorang memiliki dampak positif dalam menentukan kualitas hidup dan kesehatan seseorang.

Karena itu, tak heran bila banyak peneliti yang mempelajari tentang rangkaian gerakan yang dilakukan menggunakan pinggul, lutut, dan kaki itu.

Baca juga: Membaca Kepribadian dari Cara Berjalan

Cara berjalan anak Jepang

Tim peneliti dari Nagoya University di Jepang pun termasuk dari banyak peneliti yang mempelajari hal itu. Namun, mereka berfokus pada variasi gerakan tungkai bawah saat berjalan yang berkaitan dengan usia seseorang.

Hasilnya, para peneliti menemukan empat perbedaan besar di antara cara berjalan anak-anak dari beberapa kelompok usia.

Adapun rinciannya, bisa disimak di bawah ini.

Pertama, anak-anak Jepang dalam kelompok usia 11 hingga 12 tahun terbukti lebih banyak melangkah per menitnya dibanding mereka yang berusia enam hingga delapan tahun.

Lalu, tim peneliti juga menemukan bahwa anak berusia 11 hingga 12 tahun di Jepang memiliki langkah yang lebih pendek dibanding anak dalam kelompok usia 9 hingga 10 tahun.

Halaman:
Sumber Yahoo


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.