Kompas.com - 15/08/2022, 16:35 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Meski lebih dikenal sebagai bumbu dapur, kunyit ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Menurut ahli gizi, Karen Ansel, RDN, CDN, kunyit sebenarnya telah digunakan dalam pengobatan Tiongkok dan Ayurveda selama ribuan tahun untuk melawan peradangan dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

"Setiap kali kita memiliki makanan berwarna cerah, kita tahu ada senyawa tanaman di sana yang melakukan sesuatu yang hebat. Dan kunyit adalah salah satunya."

Demikian penuturan Dawn Jackson Blatner, RDN, seorang ahli diet dan penulis The Superfood Swap.

Jackson Blatner juga mengatakan bahwa kurkumin adalah bahan utama di dalam kunyit yang dianggap dapat membantu melawan peradangan.

"Semua penyakit pada dasarnya dimulai dengan peradangan, dari radang gusi di mulut hingga penyakit jantung. Jadi, gagasan untuk memiliki satu sendok teh kunyit sehari mungkin merupakan hal yang baik," ungkapnya.

Baca juga: Ketahui, 9 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat kunyit untuk kesehatan

Kunyit tampaknya tidak menyebabkan efek samping yang serius, meskipun pada dosis yang lebih tinggi dapat menyebabkan gangguan perut ringan (mual, diare, sakit perut).

Namun, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke praktisi kesehatan yang akrab dengan perawatan alami, karena kunyit dapat mengganggu obat-obatan tertentu.

Jadi, apakah mengonsumsi suplemen kunyit atau kurkumin dapat membantu meningkatkan kesehatan?

Ya, tentu saja bisa. Dilansir dari laman Prevention, berikut adalah 10 manfaat kunyit untuk kesehatan yang perlu diketahui.

Halaman:
Sumber prevention


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.