Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2022, 16:35 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber prevention

KOMPAS.com - Meski lebih dikenal sebagai bumbu dapur, kunyit ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Menurut ahli gizi, Karen Ansel, RDN, CDN, kunyit sebenarnya telah digunakan dalam pengobatan Tiongkok dan Ayurveda selama ribuan tahun untuk melawan peradangan dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

"Setiap kali kita memiliki makanan berwarna cerah, kita tahu ada senyawa tanaman di sana yang melakukan sesuatu yang hebat. Dan kunyit adalah salah satunya."

Demikian penuturan Dawn Jackson Blatner, RDN, seorang ahli diet dan penulis The Superfood Swap.

Jackson Blatner juga mengatakan bahwa kurkumin adalah bahan utama di dalam kunyit yang dianggap dapat membantu melawan peradangan.

"Semua penyakit pada dasarnya dimulai dengan peradangan, dari radang gusi di mulut hingga penyakit jantung. Jadi, gagasan untuk memiliki satu sendok teh kunyit sehari mungkin merupakan hal yang baik," ungkapnya.

Baca juga: Ketahui, 9 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat kunyit untuk kesehatan

Kunyit tampaknya tidak menyebabkan efek samping yang serius, meskipun pada dosis yang lebih tinggi dapat menyebabkan gangguan perut ringan (mual, diare, sakit perut).

Namun, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke praktisi kesehatan yang akrab dengan perawatan alami, karena kunyit dapat mengganggu obat-obatan tertentu.

Jadi, apakah mengonsumsi suplemen kunyit atau kurkumin dapat membantu meningkatkan kesehatan?

Ya, tentu saja bisa. Dilansir dari laman Prevention, berikut adalah 10 manfaat kunyit untuk kesehatan yang perlu diketahui.

1. Kunyit membantu daya ingat

Penelitian yang dilakukan pada populasi Asia pada tahun 2006 menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak kari mendapat skor lebih tinggi pada tes fungsi kognitif (tes yang mengukur daya ingat, rentang perhatian, dan lainnya) daripada mereka yang tidak makan banyak rempah-rempah.

Para ilmuwan menandai manfaat ini dengan kunyit, yang merupakan bagian utama dari kari yang menjadi makanan Asia.

Temuan terbaru juga menunjukkan manfaat yang berhubungan dengan otak.

Misalnya, sebuah studi tahun 2018 terhadap orang-orang berusia 51 hingga 84 tahun menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi suplemen kurkumin 90 mg dua kali sehari selama 18 bulan mengalami peningkatan daya ingat dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi plasebo.

Studi ini kecil, tetapi para peneliti berteori bahwa efek anti-inflamasi kurkumin dapat melindungi otak dari penyakit yang berhubungan dengan daya ingat.

Halaman:
Sumber prevention
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com