Kompas.com - 15/08/2022, 17:29 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ada banyak cara untuk menurunkan tingkat stres atau meredakan kecemasan, dan teknik pernapasan bernama box breathing adalah salah satunya.

Nama box breathing ini mungkin terdengar asing bagi kita. Namun faktanya, praktik ini sebenarnya memiliki sejarah panjang, dan berakar dari metode pengobatan Ayurveda.

Nah, apa makna box breathing?

Fasilitator teknik pernapasan Sophie Belle mengatakan bahwa box breathing dapat diartikan sebagai teknik pernapasan empat langkah.

Jadi, kita akan menarik napas selama empat detik, menahannya selama empat detik, menghembuskannya dalam waktu empat detik, lalu kembali menahannya selama empat detik, seperti sebuah kotak.

Menariknya, untuk melakukan teknik yang diklaim telah eksis sejak ribuan tahun ini pun tidak sulit dan dapat dilakukan di mana saja.

Lalu bicara soal dampaknya pada tubuh, box breathing ini dapat membuat napas melambat dan lebih dalam, memaksa pikiran lebih terbuka, membantu saat kita merasa stres.

"Ketika kita secara sadar bernapas, kita memiliki kemampuan untuk mengatur tubuh kita dan mengambilnya dari keadaan stres dan gugup menjadi ketenangan yang sebenarnya," ujar spesialis pernapasan Ali Levine.

Baca juga: Usir Stres dengan Box Breathing, Latihan Napas ala Pasukan Elite AS

Manfaat box breathing

Lalu untuk fungsi, box breathing sebenarnya memiliki tiga fungsi berikut.

Box breathing mengurangi respons stres tubuh

Penelitian menunjukkan bahwa pernapasan diafragma dapat melawan elemen fisik dan mental stres.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.