Kompas.com - 15/08/2022, 18:04 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Wacana pengajuan pemerintah RI dalam upaya menjadikan kebaya sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda ke Unesco diwarnai penolakan dari berbagai pihak.

Bukan karena tidak mendukung upaya tersebut, tetapi belakangan ini muncul gagasan pengajuan Kebaya Goes to Unesco bersama-sama dengan Malaysia, Singapura dan Brunei Darusalam.

Alasannya pun karena di negara tetangga juga memiliki kebaya, sehingga muncul ide joint nomination alias pengajuan nominasi bersama kebaya sebagai Warisan Budaya Tak Benda Unesco.

Baca juga: Kemeriahan Parade Kebaya Nusantara di Pelataran Sarinah

Nominasi bersama dianggap bukan pilihan tepat

Parade Kebaya Nusantara di SarinahDok. Parade Kebaya Nusantara Parade Kebaya Nusantara di Sarinah

Tidak sedikit kalangan menilai bahwa upaya nominasi bersama bukanlah pilihan yang tepat.

Ketua Timnas Pengajuan HKN (Hari Kebaya Nasional), Lana T Koentjoro mengatakan bahwa, kebaya sejatinya merupakan identitas bangsa yang sudah seharusnya diperjuangkan scara mandiri dan tidak bersama dengan negara tetangga.

Namun, belakangan ini muncul wacana pengajuan Kebaya Goes to Unesco bersama-sama dengan Malaysia, Singapura dan Brunei Darusalam dengan alasan kebaya juga ada di negara tetangga tersebut.

Gagasan itu pun heboh dan menuai banyak penolakan dari berbagai pihak, termasuk komunitas Tim Nasional Pengajuan Hari Kebaya Nasional (HKN) yang tengah berjuang mengajukan Hari Kebaya Nasional.

"Kajian Tim Riset Timnas menunjukkan bahwa kebaya digunakan perempuan Indonesia sejak abad 19 di Jawa dan luar Jawa sampai sekarang."

"Dengan beragam model kebaya sesuai kearifan lokal di masing masing daerah, kebaya bukan sekadar busana tapi mengandung filososi dan identitas perempuan Indonesia," jelas Lana di Parade Kebaya Nasional di Sarinah, Jakarta dalam keterangan persnya kepada Kompas.com.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.