Kompas.com - 16/08/2022, 08:37 WIB

KOMPAS.com - Kamu bisa membangkitkan kepercayaan diri dari rasa insecure dengan memaknai kata-kata motivasi.

Ya, insecure memang harus ditaklukkan karena keraguan dengan diri sendiri menghambat kamu menuju jalan kesuksesan, baik dalam studi maupun karier.

Di sisi lain insecure juga membuatmu tidak yakin, tidak aman, cemas, dan kerap membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Baca juga: 35 Kumpulan Kata-kata Motivasi Hidup untuk Lebih Semangat dan Sukses

Pada akhirnya kamu tidak berkembang dan tidak berani mengambil risiko meski kamu punya kemampuan untuk melakukannya.

Kata-kata motivasi untuk mengatasi insecure

Meski insecure dapat dialami oleh siapa saja, untungnya rasa kepercayaan diri bisa dibangkitkan dengan membaca kata-kata motivasi berikut ini. Yuk, simak!

Baca juga: 20 Kata-kata Motivasi di Hari Senin agar Hidup Lebih Bermakna

  • Menjadi dirimu sendiri di dunia yang senantiasa berusaha menjadikan kamu "sesuatu" yang lain adalah pencapaian terbesar (Ralph Waldo Emerson).
  • Terlepas dari apa yang kamu rasakan di dalam, berusahalah untuk terlihat seperti pemenang. Bahkan, jika kamu tertinggal, kepercayaan diri secara terus-menerus dapat memberimu kekuatan mental yang menghasilkan kemenangan (Diane Arbus).
  • Kita semua mempunyai keterbatasan, tetapi ketika kita mendengarkan semua kritik, kita akan menambah keterbatasan (Robert Breault).
  • Hidup tidak mudah bagi siapa pun di antara kita. Tapi, bagaimana dengan itu? Kita harus memiliki ketekunan dan di atas segalanya harus mempunyai kepercayaan diri. Kita harus percaya bahwa diri sendiri dikaruniai sesuatu dan berapa pun usahanya, harus dicapai (Marie Curie).
  • Kamu telah mengkritik diri sendiri selama bertahun-tahun dan itu tidak berhasil. Cobalah untuk menerima diri sendiri dan lihat apa yang terjadi (Louise L. Hay).
  • Manusia sering kali menjadi apa yang mereka yakini. Jika aku terus mengatakan pada diri sendiri bahwa aku tidak dapat melakukan hal tertentu, mungkin saja aku benar-benar menjadi tidak mampu. Sebaliknya, jika aku punya keyakinan bahwa aku bisa melakukannya, aku pasti akan mendapatkan kemampuan untuk melakukannya bahkan jika mungkin tidak bisa pada awalnya (Mahatma Gandhi).
  • Keyakinan pada tubuh, pikiran, dan jiwa kitalah yang memungkinkan kita untuk terus mencari petualangan baru.
  • Percayalah pada diri sendiri. Percaya pada kemampuanmu. Tanpa keyakinan yang rendah hati namun yakin kekuatan diri sendiri, kamu tidak akan bisa sukses dan bahagia (Norman Vincent Peale).
  • Kesalahan terbesar yang dapat kamu buat dalam hidup adalah terus-menerus takut  melakukannya (Elbert Hubbard).
  • Ucapan batin, pikiranmu, dapat menyebabkan kamu kaya atau miskin, dicintai atau tidak dicintai, bahagia atau tidak bahagia, menarik atau tidak menarik, kuat atau lemah (Ralph Charell).
  • Dari semua kelemahan kita yang paling buruk adalah membenci keberadaan diri sendiri (Michel de Montaigne).
  • Tugas yang harus kita tetapkan untuk diri sendiri bukanlah untuk merasa aman, tetapi untuk dapat menoleransi insecure (Erich Fromm).
  • Percayalah pada potensimu yang tidak terbatas. Satu-satunya batasan dirimu adalah apa yang kamu tetapkan pada diri sendiri (Roy T. Bennett).
  • Kita dapat belajar untuk merasa baik tentang diri sendiri bukan karena kita istimewa dan di atas rata-rata, tetapi karena kita pada dasarnya adalah manusia yang layak dihormati (Dr. Kristin Neff).
  • Keyakinan bukanlah, "Mereka akan menyukaiku". Keyakinan adalah, "Aku akan baik-baik saja jika mereka tidak menyukaiku" (Christina Grimmie).
  • Walau takut, tapi tetap lakukan. Yang penting adalah tindakannya. Kamu tidak perlu menunggu percaya diri datang. Hanya melakukannya dan akhirnya kepercayaan diri akan mengikuti (Carrie Fisher).
  • Keraguan membunuh lebih banyak mimpi daripada kegagalan (Suzy Kassem).

Baca juga: 7 Kata-kata Motivasi Lucu dalam Bahasa Inggris, Bukan Sok Bijaksana

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Inc.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.