Kompas.com - 16/08/2022, 12:23 WIB

KOMPAS.com - Retinol dan vitamin C merupakan bahan-bahan yang populer dan banyak dipilih untuk kandungan skincare.

Apalagi, jika keduanya digabungkan, maka dipercaya akan efektif untuk memperbaiki tekstur kulit, memperlambat tanda-tanda penuaan, dan membuat kulit lebih bercahaya.

Namun, meskipun bisa menghasilkan efek yang sangat baik bagi kulit, tak jarang penggunaan retinol dan vitamin C secara bersamaan dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

Baca juga: 7 Tips Memilih Produk Skincare yang Paling Tepat Menurut Dokter Kulit

Jadi, apakah kita benar-benar bisa menggabungkan retinol dan vitamin C dalam rutinitas skincare sehari-hari?

Simak beberapa penjelasan dari para dokter kulit berikut ini.

Retinol dan cara kerjanya

Retinol adalah salah satu bahan produk perawatan kulit. Meski dijual bebas, retinol tidak dianjurkan dipakai ibu hamil karena dapat membahayakan janin. Retinol adalah salah satu bahan produk perawatan kulit. Meski dijual bebas, retinol tidak dianjurkan dipakai ibu hamil karena dapat membahayakan janin.
Retinol adalah turunan vitamin A yang sering digunakan dalam produk skincare untuk merangsang produksi kolagen dan memicu pergantian sel atau proses pembaruan alami kulit.

Kolagen adalah protein yang bertanggung jawab atas kehalusan dan kekencangan kulit.

"Dengan memberi sinyal pada sel untuk berperilaku seperti sel yang lebih muda, retinol dapat memudarkan garis-garis halus dan kerutan, memudarkan bintik-bintik hitam dan hiperpigmentasi, serta memperbaiki warna dan tekstur kulit."

Baca juga: Waspadai, 7 Tanda Kamu Harus Segera ke Dokter Kulit

Demikian penuturan dokter spesialis kulit dan kosmetik, serta ahli bedah di Shafer Clinic di New York, Dr Dendy Engelman, MD.

Di samping itu, retinol juga merupakan bahan yang fantastis untuk mengobati jerawat, karena bekerja pada tingkat sel untuk membantu memulai tingkat pergantian sel, mengurangi peradangan, dan mengurangi produksi minyak.

Semuanya adalah fungsi utama untuk menjaga pori-pori tetap bersih dan kulit bebas dari jerawat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.