Kompas.com - 18/08/2022, 14:57 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selain angora, kucing persia adalah salah satu jenis kucing piaraan yang jadi favorit para pecinta kucing sejak lama.

Kucing ini memang memiliki bulu panjang indah, mata bulat yang besar, bermoncong pendek, dan berhidung pesek, lengkap dengan kaki yang bulat dan pendek, membuatnya terlihat makin menggemaskan.

Karena itulah, tak mengherankan bila kucing persia telah menjadi kucing kesayangan para pecinta kucing sejak ratusan tahun lalu dan kerap diperlihara oleh orang-orang dari kalangan bangsawan.

Bahkan, dilansir dari The Spruce Pets, Ratu Victoria yang merupakan seorang pecinta hewan memiliki beberapa ekor kucing persia.

Sejak saat itulah, kepopuleran kucing persia di kalangan atas Inggris meningkat dan akhirnya diakui sebagai ras resmi oleh Cat Fanciers Association (CFA) pada tahun 1906.

Kini, kucing ini pun menjadi salah satu ras kucing terpopuler di seluruh dunia.

Baca juga: 6 Ras Kucing Bertelinga Besar yang Bikin Gemas

Ciri dan karakteristik kucing persia

Ilustrasi kucing Persia.SHUTTERSTOCK / Cattrall Ilustrasi kucing Persia.
Selain bulu panjang, mata besar, dan hidung peseknya, kucing persia juga dikenal sebagai kucing ukuran medium to large yang memiliki kaki pendek namun berotot, punggung pendek, tubuh tegap, dan dada yang dalam.

Kucing persia juga mudah dikenali dengan wajahnya yang sangat datar dengan pipi penuh dan bulat, mata bulat besar, moncong pendek dan hidung pesek, dagu tegas, dan telinga yang besar.

Semua komponen wajah itu memberi kucing Persia ekspresi sangat manis yang hampir terlihat seperti manusia.

Bulu kucing persia yang panjang, lebat, dan bervolume juga hadir dalam berbagai warna dan pola, seperti warna-warna solid, emas dan perak, warna smoke dan shaded, pola tabby, particolor dan bicolor, serta pointed color yang biasa dikenal dengan sebutan Himalayan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.