Kompas.com - 18/08/2022, 17:11 WIB

KOMPAS.com - Sebagai calon pengantin, sobat Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) harus menyiapkan diri sebagai calon ibu.

Pasalnya, anak yang sehat lahir dari ibu yang sehat. Dengan demikian, sobat Genbest dan pasangan harus mempersiapkan kesehatan secara prima sebelum memasuki kehamilan.

Seperti diketahui, masa 1.000 hari pertama kehidupan (1.000 HPK) begitu krusial dalam menentukan masa depan anak. Bahkan, fase krusial perkembangan anak sudah dimulai sejak proses pembuahan dalam kehamilan.

Pada masa 1.000 HPK, perkembangan fisik dan kognitif terjadi begitu pesat. Dengan demikian, orangtua bisa menjadikan masa 1.000 HPK sebagai kesempatan untuk mewujudkan masa depan anak yang sehat dan cerah serta bebas stunting.

Baca Juga: Pentingnya Stimulasi dan Nutrisi dalam Tumbuh Kembang Anak Selama 1.000 HPK

Salah satu penyakit yang perlu dicegah ibu hamil saat kehamilan adalah anemia. Pasalnya, anemia merupakan penyakit yang umum terjadi pada ibu hamil. Hal ini mengingat kebutuhan zat besi pada ibu meningkat pada masa kehamilan.

Pada kasus yang parah, anemia saat hamil dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur dan bayi berat badan lahir rendah (BBLR). Kedua kondisi itu erat kaitannya dengan stunting.

Lalu, bagaimana langkah pencegahan stunting untuk sobat Genbest sebelum menikah? Simak ulasan berikut.

1. Pastikan menikah di usia ideal

Langkah pencegahan stunting yang paling utama adalah menikah pada usia ideal. Menurut Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), usia ideal menikah untuk perempuan adalah minimal 21 tahun.

Sementara, untuk pria, usia menikah ideal adalah 25 tahun. Pernikahan usia dini meningkatkan risiko kelahiran bayi stunting.

Baca Juga: 4 Efek Negatif Menikah di Usia Anak

2. Periksa status gizi

Sebagai calon ibu, sobat Genbest wajib memerhatikan status gizi sebelum menikah. Pasalnya, status gizi akan memengaruhi pertumbuhan janin saat memasuki masa kehamilan nanti.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.