Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Pentingnya Nilai Kejujuran untuk Anak

Kompas.com - 19/08/2022, 07:12 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Riski Monika dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com - Kejujuran merupakan salah satu perilaku yang harus dimiliki semua orang. Perilaku ini harus dibiasakan sedini mungkin. Sebab, jujur akan memberikan banyak manfaat bagi diri sendiri juga orang lain.

Bagi sebagian orangtua, bersikap jujur pada anak mungkin terasa sulit. Terutama ketika menghadapi situasi sulit, seperti perceraian.

Kenyataan pahit juga dialami oleh Fikri Budiman, anak dari Freddy Budiman, kala mendapatkan kenyataan bahwa sang ayah adalah seorang kartel narkoba. Kejadian misterius dialaminya pasca eksekusi mati sang ayah yang ia ceritakan lewat siniar Aiman Witjaksono episode “Kenangan Masa Lalu dan Kejadian Misterius Fikri Budiman dengan Sang Ayah, Freddy Budiman”.

“Dari awal aku taunya papa pergi ke luar kota karena bisnis aja. Saat tau Papa ketangkep, aku syok, hancur, panik, dan langsung mengurung diri di kamar,” ujar Fikri.

Melihat dari hal tersebut, mungkin orangtua berpikir jika anak masih terlalu kecil untuk mengetahui kebenaran. Bahkan, dikatakan tidak cukup dewasa menangani peristiwa tersebut. Padahal, berbohong bisa membebani diri Anda dua kali lipat.

Ahli mengatakan kejujuran umumnya merupakan jalan terbaik untuk anak-anak Anda. Namun, ada beberapa cara berbeda dalam menyampaikannya berdasarkan usia dan tingkat sensitivitas anak.

Apakah Orangtua Harus Jujur pada Anak?

Sebagian orangtua mungkin akan berpikir, “Adakah manfaat kejujuran untuk anak?” atau “Haruskah orangtua selalu jujur?”.

Baca juga: Teknik Storytelling: Buat Presentasi Lebih Hidup dan Berarti

Dr. Anita Gadhia-Smith, psikoterapis dari Washington DC, mengatakan orangtua tidak disarankan untuk berbohong. Namun, menceritakan semua kejadian mungkin juga tidak tepat. Sebab, beberapa anak perlu memproses terlebih dahulu informasi tersebut.

Meskipun begitu, orangtua bisa melatih kejujuran dengan terus membuka ruang diskusi dengan anak. Menurut studi dengan keluarga di Amerika Serikat pada 2022, orangtua yang menyertakan anak-anak dalam diskusi, khususnya topik peristiwa traumatis, bisa membantu mereka untuk tangguh, terikat dengan lingkungan sekitar, dan meningkatkan hubungan serta kepuasan hidup.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.