Kompas.com - Diperbarui 11/09/2022, 05:37 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Gejala asam urat tinggi biasanya ditandai dengan keluhan nyeri, sensasi panas, kemerahan, hingga bengkak di area persendian.

Semua area persendian berisiko terserang asam urat, tetapi yang paling sering dikeluhkan adalah bagian jari, lutut, pergelangan kaki, tangan hingga jempol kaki.

Serangan asam urat bisa terjadi secara tiba-tiba. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengetahui ciri-ciri penyakit asam urat agar rasa nyeri dapat segera diatasi.

Baca juga: 5 Sayuran Mengandung Purin Tinggi, Perlu Dihindari Penderita Asam Urat

Gejala asam urat tinggi

Ilustrasi asam urat di lutut Ilustrasi asam urat di lutut

Secara umum, asam urat menyerang pada pria di atas usia 30 tahun. Sedangkan pada wanita biasanya mengalami asam urat ketika sudah memasuki fase menopause.

Meski begitu, bukan berarti kadar asam urat yang tinggi tidak dapat dideteksi sejak dini. Sebab, beberapa gejalanya sudah dapat dicurigai bila merasakan beberapa kondisi berikut ini.

1. Sering nyeri sendi

Asam urat tinggi biasanya memengaruhi jempol kaki, tetapi rasa nyeri bisa dirasakan di bagian persendian manapun.

Jika sejak usia 30-an sudah sering merasakan nyeri pada beberapa titik sendi, ini patut dicurigai.

Segera pergi ke klinik terdekat untuk melakukan deteksi dini asam urat secara rutin, agar ketika kadarnya melampaui batas aman, keluhan nyeri di persendian bisa segera diatasi.

2. Ketidaknyamanan

Selain nyeri, salah satu gejala asam urat yang sering diabaikan adalah terlalu sering merasa ketidaknyamanan di area sendi.

Halaman:



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.