Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memasak dengan Philips Air Fryer, Apa Istimewanya?

Kompas.com - 24/08/2022, 22:11 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Air fryer adalah alat memasak yang sedang tren karena bisa digunakan untuk menggoreng makanan tanpa merendamnya dalam minyak.

Dalam mengolah makanan dengan air fryer, kita hanya memerlukan sedikit minyak atau bahkan tidak sama sekali. Diklaim lebih sehat dari menggoreng biasa, banyak orang lalu berbondong-bondong membeli air fryer.

Nah, saat ini ada berbagai macam merek air fryer. Mulai yang ratusan ribu, hingga jutaan rupiah. Meski fungsinya serupa, tapi beberapa merek menawarkan keunggulan tertentu yag mempengaruhi kemudahan pemakaian sekaligus rasa makanan yang dihasilkan.

Jadi sebelum menentukan mana yang akan dibeli, ada baiknya kita mengenal lebih dahulu beberapa hal tentang air fryer.

Mengenal apa itu air fryer

Air fryer merupakan alat memasak tanpa atau sedikit minyak untuk menggoreng berbagai makanan. Makanan yang bisa digoreng dengan air fryer termasuk daging, nugget, kentang, dan banyak bahan-bahan lain.

Terlepas dari namanya, air fryer sebenarnya tidak secara teknis menggoreng makanan, karena peralatan ini bekerja dengan meniupkan udara panas di sekitar wadah yang berisi makanan.

Dari pengertian di atas, hal yang menarik dari alat ini tentu saja bahwa kita bisa memasak makanan tanpa menggunakan minyak, atau sedikit saja minyak.

Meski begitu, makanan yang diolah dengan air fryer akan mirip dengan makanan yang digoreng di wajan, termasuk dari segi teksturnya.

Air fryer bekerja dengan meniup dan mengedarkan udara panas di sekeliling makanan sehingga bisa matang dengan cepat. Cara kerja tersebut mirip dengan oven konveksi.

Karena “menggoreng” dengan sedikit minyak, makanan yang diolah dengan air fryer dipercaya lebih sehat. Pasalnya, tak seperti menggoreng makanan di wajan, makanan yang diolah dengan air fryer cenderung lebih rendah kalori dan lemak.

Manfaat “menggoreng” makanan dengan air fryer

Philips Essential Air Fryer XL Philips Essential Air Fryer XL
Berpotensi lebih sehat, berikut ini beberapa manfaat penggunaan air fryer:

1. Mengurangi asupan lemak

Bukan rahasia lagi bahwa menggoreng dengan banyak minyak menyumbang kalori dan lemak dalam kadar yang cukup signifikan. Sebagai contoh, dada ayam yang digoreng di wajan mengandung lemak lebih tinggi hingga 30% dibandingkan dada ayam yang dipanggang.

Di sinilah kelebihan dari air fryer. Mengolah makanan menggunakan air fryer diklaim bisa memotong kadar lemak hingga 75%. Klaim ini berdasarkan penggunaan minyak yang sangat sedikit minyak atau tidak sama sekali.

Karena rendah lemak, makanan yang diolah dengan air fryer berpotensi lebih sehat.

2. Mengurangi terbentuknya senyawa-senyawa berbahaya

Selain tinggi lemak dan kalori, makanan yang digoreng dalam rendaman minyak dapat memicu pembentukan senyawa berbahaya seperti akrilamida.

Akrilamida terbentuk dari makanan kaya karbohidrat yang dimasak dalam suhu tinggi seperti saat digoreng.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com