Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/08/2022, 07:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

Sumber Byrdie

KOMPAS.com - Soal menghilangkan bulu pada tubuh, waxing dan mencukur (shaving) adalah pilihan yang paling umum meski keduanya sangat berbeda.

Waxing merupakan proses yang membutuhkan lilin hangat untuk menghilangkan folikel rambut dari akarnya dengan kekuatan mekanis.

Sementara mencukur hanya membutuhkan pisau cukur untuk memangkas bulu dari permukaan kulit.

Nah, jika kita ingin memilih metode mana yang lebih baik, itu tergantung pada beberapa faktor dan mana yang kita anggap lebih penting daripada yang lain.

Baca juga: Brazilian Waxing dan Vagina Waxing, Ada Manfaat Serta Efek Sampingnya

Dilansir dari laman Byrdie, para ahli kulit dan skincare pun membagikan sejumlah saran dan tipsnya sebelum kita menentukan mana yang paling cocok.

Perbedaan proses waxing dan mencukur

Waxing melibatkan pengaplikasian lilin penghilang bulu dingin atau hangat, yang biasanya dapat menghilangkan bulu secara efisien dan aman.

Sebelum waxing, pertama-tama kita harus menumbuhkan rambut kira-kira seperempat inci atau 0,63 cm, yang tentunya membutuhkan waktu dan kesabaran.

Metode ini biasanya membutuhkan waktu hingga 30 menit berdasarkan area tubuh yang ingin dihilangkan bulunya..

Jika kita melakukan waxing di rumah, perhitungkan waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan lilin hingga konsistensi yang tepat dan jumlah percobaan untuk menemukan metode yang tepat yang cocok untuk, terutama bagi pemula.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Dihindari Setelah Melakukan Brazilian Waxing

Alih-alih waxing, sebenarnya banyak orang memilih untuk mencukur, karena mereka lebih mudah untuk melakukannya kapan pun yang paling sesuai dengan jadwal.

Terlebih, mencukur hanya memakan waktu maksimal 10 menit, tergantung pada jumlah bulu yang ingin hilangkan dan lokasinya.

Manfaat waxing dan mencukur

Pemilik dan pendiri QB Skincare, serta Queen Bee Salon & Spas, Jodi Shays, mengatakan bahwa waxing bertahan lebih lama dari waktu ke waktu.

Hal ini disebabkan karena waxing dapat menghilangkan bulu dari folikelnya, sedangkan mencukur hanya memotongnya di permukaan.

"Waxing akan membuat area tubuh halus lebih lama karena bulu yang tidak diinginkan menjadi lebih tipis dan dalam beberapa kasus tidak tumbuh kembali sama sekali," terang Shays.

"Banyak orang juga merasakan iritasi yang lebih sedikit setelah waxing, terutama berkurangnya bulu yang tumbuh ke dalam dan jerawat," sambung dia.

Halaman:
Sumber Byrdie
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com