Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Lakukan 8 Hal Ini Saat Alami Nyeri Menstruasi

Kompas.com - 29/08/2022, 17:25 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Setiap bulannya, perempuan selalu kedatangan tamu bulanan. Kita menyebutnya sebagai menstruasi. Menstruasi terjadi karena sel telur tak dibuahi sehingga menyebabkan luruhnya dinding rahim.

Proses ini akan mengeluarkan darah melalui saluran reproduksi wanita. Itu sebabnya, perempuan memiliki kondisi yang berbeda-beda. Ada yang biasa saja, ada pula yang merasa nyeri tak terkira.

Dilansir Healthline, hal ini terjadi karena otot-otot berkontraksi sehingga terkadang akan terasa nyeri dan kram. Namun, jika rasa sakit itu berlangsung lama dan mengganggu, kita perlu mewaspadainya.

Oleh sebab itu, dalam siniar Semua Bisa Cantik edisi Beauty Diary bertajuk “Nyaman dan Ikut Selamatkan Bumi saat Ada Tamu Bulanan”, dijelaskan beberapa cara untuk mengurangi rasa sakitnya.

1. Minum Air Hangat

Kembung bisa memperburuk kram menstruasi. Itu sebabnya, minum air hangat mampu mengurangi kembung dan rasa sakit yang ditimbulkannya.

Baca juga: 9 Manfaat Stres yang Perlu Diketahui

Minum air hangat juga mampu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh sehingga otot-otot pun menjadi rileks. Hal ini dapat mengurangi kram yang disebabkan oleh kontraksi rahim.

2. Minum Teh Herbal

Teh herbal memiliki sifat anti-inflamasi dan senyawa antispasmodik yang dapat mengurangi kejang otot rahim yang merupakan penyebab kram. Beberapa di antaranya, teh chamomile dan jahe.

Tak hanya itu, teh herbal ini juga memiliki manfaat lain, seperti menghilangkan stres dan membantu mengatasi insomnia.

3. Perhatikan Asupan Makanan

Selama menstruasi, lebih baik kita menghindari makanan yang menyebabkan kembung. Beberapa jenisnya adalah makanan berlemak yang tinggi gula, alkohol dan soda, dan kafein.

Mengurangi dan menghindari bahan-bahan makanan itu bisa mengurangi nyeri menstruasi. Di samping itu, perbanyaklah konsumsi pisang, beri, nanas, sayuran berdaun hijau, dan ikan.

4. Kompres dengan Air Hangat

Selain minum air hangat, kita juga bisa mengompres perut yang nyeri. Gunakanlah kantung khusus atau handuk yang telah dicelup air hangat.

Tak hanya itu, kita juga bisa merendam tubuh di bak mandi yang berisi air hangat. Lebih baik lagi jika kita menambahkan wewangian aroma terapi. Hal ini bisa memperlancar aliran darah dan merilekskan otot-otot tubuh.

5. Lakukan Olahraga Ringan

Cara lain yang bisa digunakan untuk meredakan nyeri adalah melakukan olahraga ringan. Kita bisa melakukan yoga, peregangan ringan, atau berjalan santai di sekitar rumah.

Olahraga ringan membantu melepaskan endorfin dalam tubuh sehingga kita bisa merasa lebih bahagia, mengurangi rasa sakit, dan mengendurkan otot-otot tubuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com