Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi DANA Kini Bisa Dipakai Belanja di Thailand, Begini Caranya

Kompas.com - 30/08/2022, 16:06 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi keuangan DANA kini sudah bisa dipakai bertransaksi dengan sejumlah merchant di Thailand.

Masyarakat Indonesia yang sedang berwisata ke negeri gajah putih itu bisa melakukan pembayaran dengan hanya memindai QR di merchant tersebut.

Sebaliknya, warga Thailand di Indonesia juga bisa melakukan pembelanjaan di merchant QRIS DANA dengan aplikasi pembayaran miliknya.

Baca juga: DANA Jadi Mitra Pembayaran Nontunai Jakarta Fair Kemayoran 2022

Kemudahan ini berhasil diwujudkan sebagai bentuk standarisasi pembayaran lintas negara melalui interkoneksi QR Code antar negara yang baru saja diimplementasikan.

Bank Indonesia (BI) dan Bank of Thailand (BoT) melakukan hal tersebut dengan melibatkan 76 penyedia jasa sistem pembayaran dari kedua negara.

Aplikasi DANA menjadi satu-satunya penyedia jasa pembayaran nonbank yang turut serta menerapkan pembayaran lintas negara, baik sebagai issuer maupun acquirer.

Aplikasi DANA kini bisa dipakai bertransaksi di ThailandDANA Aplikasi DANA kini bisa dipakai bertransaksi di Thailand

“Kami menyambut baik kepercayaan yang diberikan Bank Indonesia kepada DANA, sebagai dompet digital pertama yang menerapkan QR Cross Border," kata Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA Indonesia, dikutip dari keterangan pers yang diterima Kompas.com.

Implementasi ini disebutnya selaras dengan komitmen DANA untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan.

Baca juga: Cara Bayar Indihome lewat Aplikasi DANA dengan Mudah

"Didukung teknologi inklusif dan platform ekosistem terbuka yang DANA miliki, kami siap menghadirkan pengalaman bertransaksi digital lintas negara yang prima untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna," tandasnya.

Adapun, Indonesia maupun Thailand menerapkan pembayaran lintas negara ini sebagai upaya untuk membantu pertumbuhan sektor pariwisata dan UMKM.

Hal ini juga menjadi bagian dari Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 dan Pertemuan Gubernur Bank Sentral ASEAN pada April 2022.

Di masa mendatang, Bank Indonesia akan terus menambah akses interkoneksi di luar Thailand, termasuk dengan Malaysia, Singapura, dan Filipina dalam waktu dekat.

Baca juga: Desainer Thailand Ubah Seragam Sekolah Jadi Fesyen Modern

Aplikasi DANA juga berupaya mendukung akselerasi adopsi QRIS misalnya dengan memudahkan proses onboarding mandiri mitra di berbagai skala lewat kemudahan integrasi yang ada.

Aplikasi keuangan ini sendiri telah memiliki 23,5 juta merchant yang tergabung dalam jaringan QRIS nasional. 

Jumlah tersebut termasuk 500.000 UMKM mitra DANA Bisnis yang memanfaatkan QRIS sebagai metode pembayaran.

“Selama ini peningkatan adopsi QRIS selalu kami dampingi dengan edukasi yang berkelanjutan, baik untuk UMKM maupun masyarakat umum di seluruh Tanah Air," ujar Vince.

"Oleh karena itu, kami juga akan menerapkan hal yang sama yaitu edukasi bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk menyukseskan penggunaan QR Cross Border yang berkelanjutan,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com