Kompas.com - 31/08/2022, 08:29 WIB

KOMPAS.com - Biduran yang disebut juga urtikaria merupakan gatal-gatal pada kulit yang seringkali dibarengi dengan rasa panas.

Hal tersebut membuat orang-orang yang mengalami biduran merasa tidak nyaman bahkan harus menahan gatal dan sakit untuk beberapa saat.

Biduran dapat terjadi karena berbagai faktor, mulai dari gangguan autoimun, alergi makanan tertentu, bulu hewan peliharaan, hingga udara dingin.

Baca juga: Perbedaan Gejala Biduran dan Gatal-gatal Biasa, Sudah Tahu?

Untungnya biduran yang ditandai dengan bercak atau ruam merah menonjol pada kulit bisa diobati sendiri di rumah dan cara pencegahannya mudah.

Seperti apa?

Cara mengobati biduran di rumah

Dilansir dari Healthline, ada sejumlah cara mengobati biduran di rumah tanpa pergi ke dokter atau rumah sakit. Agar lebih paham, simak yang berikut ini.

1. Antihistamin

Antihistamin termasuk obat yang dijual bebas untuk mengobati gatal-gatal, termasuk biduran.

Nah, obat tersebut bekerja dengan cara memblokir respons histamin -zat kimia dalam tubuh yang menyebabkan gejala alergi.

Ketika ingin membeli antihistamin, ada beberapa jenis yang dapat dipilih, yakni:

  • Fexofenadine (Allegra)
  • Loratadine (Claritin)
  • Cetirizine (Zyrtec)
  • Diphenhydramine (Benadryl).

Meski biduran dapat diatasi sendiri di rumah dengan minum obat, jangan ragu untuk peri ke dokter jika masalah kulit ini terus terjai atau semakin parah.

Halaman:
Sumber Healthline


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.