Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Kebersihan Area Kewanitaan, Yakin Cara Merawatmu Sudah Benar?

Kompas.com - 31/08/2022, 21:09 WIB
Chelsea Austine,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Area kewanitaan yang tidak dibersihkan dengan baik dapat mengundang sejumlah penyakit, misalnya infeksi jamur pada vagina serta servisitis, peradangan serviks.

Hal ini dikarenakan organ tersebut dinilai sangat sensitif terhadap eksposur bakteri, jamur, dan parasit.

Umumnya, wanita memang membersihkan area kewanitaan hanya dengan membasuh menggunakan air kemudian dikeringkan dengan tissue. Padahal ketika sedang mengalami keputihan, maka dibutuhkan penanganan lebih ekstra.

Misalnya, menggunakan produk yang membantu meningkatkan PH balance, menjaga kebersihan, kesegaran, dan memiliki kandungan prebiotik (menjaga keasaman PH dan stabilitas flora).

Persoalan tersebut secara menarik dibahas di Ladies Talk, bagaimana cara membersihkan area kewanitaan bersama Betadine.

Pasalnya, baru-baru ini Betadine meluncurkan 4 produk guna merawat alat kewanitaan yakni Feminine Wipes, Feminine Hygiene, Wash Foam, dan Feminine Wash Natural.

momen Ladies Talk ?Stres Berlebih Ganggu Area Kewanitaanmu? bersama narasumber Dr.Imran, Dr.Tofan, dan Ibu Indah, Kamis (25/8/22)Chelsea Austine momen Ladies Talk ?Stres Berlebih Ganggu Area Kewanitaanmu? bersama narasumber Dr.Imran, Dr.Tofan, dan Ibu Indah, Kamis (25/8/22)
Anastasia Damayanti, Head of Marketing Betadine, menjelaskan bahwa produk Betadine diperuntukkan bagi daerah vulva (bagian luar area kewanitaan) dan penggunaannya juga sangat mudah, seperti menggunakan sabun ketika mandi.

“Untuk wash foam itu cukup di pump lalu diusap (ke area kewanitaan), kemudian baru dibersihkan (dibilas),"ujar Anastasia dalam acara Ladies Talk dengan tema “Stress Berlebih Bisa Ganggu Kesehatan Area Kewanitaanmu!” pada 25 Agustus 2022.

Begitu juga dengan cairan (Feminine Hygiene) yang ada kandungan daun sirih.

"Sementara untuk yang Povidone (digunakan ketika menstruasi saja), perlu dicairkan, diusap, dibiarkan dulu kurang lebih 30 detik, kemudian baru dibilas,” jelas Ibu Anastasia.

Sedangkan, ada juga Betadine Feminine Wipes yakni tissue pembersih kewanitaan sehari-hari yang bisa digunakan ketika sedang bepergian.

Lewat produk pembersih yang ada, Betadine memiliki tagline bahwa produk ini bukan hanya membersihkan saja tetapi juga dilengkapi 3 kebaikan untuk area kewanitaan.

Tri care yang dimaksud adalah lembut bagi kulit, bersih dan segar, dan melindungi flora normal vagina (bakteri baik yang mencegah pertumbuhan ragi serta organisme tertentu)

Pada kesempatan tersebut, Dr.Tofan, Sp.OG, Subsp.Onk, Sekretaris Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia, menjabarkan pentingnya untuk tidak mencukur habis area kewanitaan, pasalnya rambut yang ada berfungsi mencegah masuknya bakteri dan kotoran ke dalam vagina.

Di sisi lain, efek samping dari mencukur seringkali menimbulkan rasa gatal ketika proses penumbuhan, sehingga rentan untuk digaruk. Maka dari itu, cukup di gunting kira-kira sepanjang 0.5 cm jika memang terlalu menganggu.

Menjaga area kewanitaan harus didukung bersama dengan memperhatikan berat dan kondisi badan, bukan hanya sekedar bersih.

“Dengan kaitan semua tadi, kita musti jaga berat badan, jangan sampai obese, overweight, jadi (membuat vagina) lembap. Karena, imunitas lokal di vagina itu terkait dari imunitas keseluruhan badan,"  ungkap Dr.Tofan.

Menurutnya pencegahan dari persoalan area kewanitaan harus dilakukan dengan mengadopsi pola hidup sehat, sehingga mencegah terjadinya infeksi serta penyakit tertentu.

Baca juga: Bahaya Stres Berlebih Terhadap Area Kewanitaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com