Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 05/02/2023, 09:52 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak orang terkadang penasaran pada bentuk wajah mereka hingga melakukan sejumlah pencarian secara online.

Atau mungkin ada juga yang tertarik mencari tahu bagaimana bentuk wajah untuk membantu mereka menginformasikan beberapa keputusan gaya ke depannya.

"Dengan mengetahui bentuk wajah, memungkinkan kita untuk bermain dengan dimensi dan bagian mana dari wajah yang dapat lebih ditekankan atau diminimalkan, terutama jika bicara soal gaya."

Demikian penjelasan ahli bedah plastik di Kota New York, AS, David Shafer, MD, FACS, yang meyakini bahwa mengetahui dan memahami bentuk wajah bisa menjadi hal yang penting.

Baca juga: Bentuk Wajah Bisa Ungkap Perilaku Seksual Anda

Selain itu, menurut pendiri Shafer Plastic Surgery ini, bentuk wajah juga dapat membantu memprediksi bagaimana wajah kita saat akan menua.

Cukup dengan mengetahui bentuk wajah, kita pun dapat membuat keputusan atau memahami diri dengan lebih baik.

Mengukur wajah untuk menentukan bentuknya

Sebelum menyelami berbagai bentuk wajah yang berbeda, pertama-tama, keluarkan pita pengukur dan catatlah pengukuran wajah sebagai berikut.

• Panjang wajah: Ukur dari bagian atas garis rambut hingga bagian terendah dagu.

• Lebar dahi: Jarak di tengah dahi dari garis rambut ke garis rambut. Jangan tekuk pita pengukur pada lekukan dan jaga agar tetap rata.

• Lebar tulang pipi: Rasakan titik tertinggi tulang pipi, lalu ukur dari satu tulang pipi melintasi wajah ke yang lain. Sekali lagi, jaga agar pita pengukur tetap datar.

• Lebar garis rahang: Pegang pita pengukur tepat di bawah telinga dan turunkan ke tengah dagu, lalu kalikan dua. Dalam hal ini, kita dapat menekuk pita, sehingga menempel pada kulit.

Baca juga: Bagaimana Tindik Mempengaruhi Bentuk Wajah Kamu?

Mungkin lebih mudah untuk meminta orang lain melakukan pengukuran ini, atau gunakan aplikasi pita pengukur praktis yang terpasang di dalam ponsel jika kita tidak memiliki pita pengukur yang fleksibel.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com