Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Tips Memilih Busana Muslim dan Rekomendasi Koleksi Terbaru dari Siti Khadijah

Kompas.com - 01/09/2022, 17:00 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Busana muslim atau model pakaian yang disesuaikan dengan aturan kehidupan penganut agama Islam merupakan salah satu tren fesyen yang populer di kalangan masyarakat.

Penelitian yang dilakukan Sri Anafarhanah dalam Jurnal Tren Busana Muslimah dalam Perspektif Bisnis dan Dakwah (2019) menyebutkan, busana muslim kini menjadi tren dalam pilihan berbusana bagi umat muslim di Indonesia. Peminatnya pun beragam, dari mulai generasi tua, muda, hingga anak-anak.

Tren pemakaian busana muslim di Indonesia terus mengalami perkembangan pesat. Seiring berjalannya waktu, masyarakat Indonesia yang mayoritas memeluk agama Islam mulai menjadikan busana muslim sebagai bagian dari fesyen utama.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa industri busana muslim mulai digemari di Tanah Air sejak 1900-an. Tren busana muslim pun terus berkembang setelah itu, dari mulai gaya shar'i hingga trendi.

Baca juga: Busana Muslim Bisa Simpel Namun Tetap Menarik Lho

Uniknya, saat ini busana muslim tidak hanya dikenakan mereka yang beragama Islam. Potongan baju panjang dan tertutup khas busana muslim saat ini juga populer dikenakan untuk menghadiri acara-acara resmi atau khusus.

Selain cocok dikenakan untuk menghadiri acara-acara tertentu, busana muslim dengan desain trendi atau kekinian bisa dikenakan untuk menjalani kegiatan atau aktivitas sehari-hari.

Karena kepopulerannya, industri busana muslim pun mengalami perkembangan yang pesat.

Masih dalam jurnal yang sama, pengamat dunia fesyen bahkan memprediksi bahwa Indonesia akan menjadi pusat produksi busana muslim dunia dalam beberapa tahun ke depan.

Tips memilih busana muslim

Prediksi Indonesia yang akan menjadi pusat produksi busana muslim dunia sejalan dengan kehadiran banyak brand lokal yang memproduksi busana muslim. Hal ini pun menjadi keuntungan bagi konsumen karena memiliki banyak pilihan busana muslim.

Baca juga: Gamis Masih Jadi Model Busana Muslim Populer

Meski begitu, memilih busana muslim tidak boleh sembarangan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tips dalam memilih busana muslim.

1. Perhatikan bahan

Tips pertama dalam memilih busana muslim adalah perhatikan bahan pembuatannya. Usahakan memilih bahan yang sejuk agar terasa nyaman saat dipakai.

Contoh bahan yang sejuk, di antaranya cotton combed, rayon, kaus, hingga katun Jepang. Bahan-bahan ini tidak panas dan mudah menyerap keringat.

2. Perhatikan warna

Tips selanjutnya dalam memilih busana muslim adalah memperhatikan warna. Pemilihan warna busana muslim dapat disesuaikan dengan cuaca.

Baca juga: Menengok Tren Busana Muslim, dari Polosan ke Tie Dye

Sebagai contoh, saat cuaca panas, hindari baju warna hitam karena akan lebih mudah menyerap panas. Sebaiknya, pilih baju dengan warna putih saat cuaca panas.

3. Perhatikan model

Model merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan sebelum membeli busana muslim. Pilihlah model busana muslim sesuai dengan bentuk tubuh.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com