Kompas.com - 02/09/2022, 07:07 WIB

KOMPAS.com - Manfaat kakao untuk menjaga kesehatan sudah ditunjukkan dalam berbagai penelitian.

Kini, para peneliti di University of Surrey, Guildford, Inggris, menemukan, kandungan senyawa flavanol dalam biji kakao ini terbukti membantu mengurangi tekanan darah dan juga kekakuan arteri.

Kakao adalah jenis tanaman perkebunan yang sangat populer dengan olahan buahnya. Cokelat adalah olahan yang berasal dari biji kakao tersebut.

Menariknya, kakao hanya mengurangi tekanan darah dan kekakuan arteri ketika meningkat.

Baca juga: Minum Kopi Pengaruhi Tekanan Darah Tinggi, Ini Penjelasannya

Hasil riset ini dipublikasikan dalam jurnal Frontiers in Nutrition.

Efektivitas flavanol dalam masalah tekanan darah tinggi

Flavanol kakao diketahui membantu menurunkan tekanan darah dan kekakuan arteri sama seperti beberapa obat tekanan darah.

Namun, belum diketahui seberapa efektif flavanol dalam mengurangi tekanan darah, karena studi sebelumnya di bidang ini dilakukan dalam pengaturan yang dikontrol ketat.

Kendati demikian, studi terbaru yang dikerjakan para peneliti di University of Surrey ini mengurangi kekhawatiran atas pemahaman kakao dapat menimbulkan risiko kesehatan dengan menurunkan tekanan darah ketika tidak mengalami lonjakan.

Baca juga: 12 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi memicu penyakit kronis

Tekanan darah tinggi atau hipertensiIndia/Pexels Tekanan darah tinggi atau hipertensi
Christian Heiss, profesor kedokteran kardiovaskular di University of Surrey mengatakan, tekanan darah tinggi dan kekakuan arteri meningkatkan risiko individu terkena penyakit jantung dan stroke.

Maka dari itu, pihaknya berupaya mencari cara lain untuk mengobati masalah kronis tersebut, salah satunya dengan menggunakan kakao.

"Sebelum kami mempertimbangkan untuk menggunakan kakao ke dalam praktik klinis, kami perlu menguji apakah hasil yang sebelumnya dilaporkan dalam uji laboratorium aman diterapkan," kata dia.

Baca juga: 8 Jus Buah yang Ampuh Atasi Tekanan Darah Tinggi

Hasil penelitian

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.