Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/09/2022, 14:14 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan jaringan dan penyedia kopi, Starbucks, resmi membuka gerai pertamanya di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (1/9/2022).

Pemimpin PT. Sari Coffee Indonesia sebagai pemegang lisensi Starbucks di Tanah Air, Anthony McEvoy, membeberkan alasan mengapa pihaknya tahun ini menambah gerai baru.

Dalam pernyataan resminya, McEvoy mengungkapkan bahwa Starbucks ingin lebih banyak pelanggan di seluruh Indonesia yang merasakan Starbucks Experience.

Baca juga: Buka Gerai Ke-500, Starbucks Ingin Terus Majukan Kopi Lokal

Di sisi lain, ia menyebut Jember yang sudah lama menjadi mitra Starbucks dengan memproduksi biji kopi merupakan daerah berkembang yang berpotensi untuk maju.

Karena alasan itulah Starbucks hadir di Kota Seribu Gumuk, di samping membuka gerai di kota-kota besar di Indonesia, supaya pecinta kopi di kabupaten ini dan sekitarnya terlayani.

"Kami menyadari bahwa perlu untuk menjangkau lebih banyak pelanggan setelah berada di Tanah Air ini selama 20 tahun," kata McEvoy.

"Starbucks bermaksud untuk dikembangkan di sepuluh kota baru di tahun 2022, dan Jember adalah salah satunya," tambahnya.

Foto tampak dalam gerai baru Starbucks di Kabupaten Jember, Jawa Timur yang dibuka pada Kamis (1/9/2022). Gerai ini menandai kehadiran perdana Starbucks di Kota Seribu Gumuk.Starbucks Foto tampak dalam gerai baru Starbucks di Kabupaten Jember, Jawa Timur yang dibuka pada Kamis (1/9/2022). Gerai ini menandai kehadiran perdana Starbucks di Kota Seribu Gumuk.

Lokasi dan desain gerai Starbucks di Jember

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Stars Coffee, Starbucks Versi Rusia, Baru Dibuka di Moskwa

Gerai teranyar Starbucks di Jember hadir di Jalan Gajah Mada nomor 288, Kaliwates dengan luas bangunan 222 meter persegi.

Mengingat gerai tersebut menjadi kali pertama Starbucks buka di Jember, Starbucks menghadirkan beragam hal yang berbeda untuk pelanggan.

Dari luar, Starbucks menghadirkan fasad gerai yang terinspirasi dari keindahan alam Jember dan palet warna yang mencerminkan keindahan Indonesia.

Baca juga: Dua Minuman Hits di Starbucks AS, Kini Hadir di Indonesia

Sementara bagian interiornya berhiaskan karya seni di samping ruangan yang menggambarkan perkebunan kopi dan hutan hujan.

Selain itu pelanggan juga dimanjakan dengan warna-warna cerah selama berada di dalam gerai yang dikatakan Starbucks dapat meningkatkan suasana positif dan bahagia.

Dalam keterangan resminya, Starbuck menyebut gerai barunya di Jember berada di lokasi yang strategis.

Pasalnya gerai anyar mereka berada di lingkungan perumahan dan dilengkapi dengan tempat duduk, seperti teras, yang didominasi sentuhan kayu.

Desain yang demikian, kata Starbucks, memberikan nuansa yang hangat karena pelanggan merasa diterima untuk masuk dan menikmati kopi buatannya.

Secara kapasitas, gerai baru Starbucks di Jember dapat menampung 91 pelanggan yang ingin ngopi sambil bekerja atau bersantai.

Baca juga: Starbucks Kembali Rilis Merchandise Kate Spade New York

Perlu diketahui, sejak pertama kali hadir di Plaza Indonesia pada 20 tahun silam, Starbucks telah membuka gerai di 36 kota dengan 4.300 lebih mitra.

Jember merupakan salah satu lokasi yang disasar Starbucks tahun ini sebagai penanda dua dekade Starbucks hadir di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com